Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, July 9, 2010

Ke-12 : Syukur

Jum'at, 9 Juli 2010

Ketika aku duduk menunggui Si Hitam yang sedang di cuci di tempat pencucian steam yang letaknya benar-benar di pinggir jalan raya, kawasan jalan Kelurahan Air Rambai - Curup, banyak sekali kendaraan baik roda dua atau pun roda 4, tak terkecuali pejalan kaki yang hilir mudik. Jujur saja, setiap aku steam motor di sini pasti aku dapat perenungan tentang arti hidup.
Teringat tadi ada seorang pemuda penjual kerupuk, dengan memanggul kerupuk di pundaknya, dia berjalan tanpa letih. Pembawaannya kumal dan dari raut wajahnya menggambarkan kalau dia juga memikul beban kehidupan yang berat. Ketika dia menoleh kepadaku, terasa pandangannya tajam dan seolah-olah dia berkata kepadaku, "lihat aku, aku yakin engkau tidak akan mampu menjalani hidup seperti aku.!", Belum selesai aku termenung tentang pemuda penjual kerupuk, di seberang jalan melintas bapak-bapak setengah baya dengan pakaian rapi menenteng tas dan membawa sebuah map. Entah apa isi map tersebut, tapi dari penilai sepintas ku, dia adalah seorang sales suatu produk, entah sudah berapa pelanggan yang dia dapat, yang pasti di terik matahari ini dia sungguh kelelahan.
Ya Allah, ampunkanlah semua dosa-dosaku, terkadang aku tak pernah menyadari dan mensyukuri nikmat yang Engkau berikan kepadaku, malah sering sekali aku mengeluh dengan pekerjaanku, Ya Allah, terima kasih sekali Engkau telah memberikanku penyadaran tentang mensyukuri nikmat-Mu melalui pemuda penjual kerupuk dan Bapak sales, ternyata pekerjaanku ini lebih dari pada cukup untuk seorang yang cengeng sepertiku.

11 comments:

Ozzys Blog said...

Percaya atau tidak, dengan bersyukur kita akan dilimpahkan rezeqi yang lebiih banyak, ingat rezeqi dan kenikmatan itu tidak mesti berupa uang, tapi bisa kesehatan, keluarga harmonis, keselamatan, serta keselarasan hidup dengan sang kholiq yang lainya, seperti merasa nyaman, merasa tenang, tidak gelisah, buanyak deh manfaat bersyukur
::salam Hangat::

ariefborneo said...

Dengan besyukur qt akan merasakan nikmat allah

etam grecek said...

teringat lagunya d'masive "syukuri apa yg ada,hidup adalah anugrah tetap jalani hidup ini,dan tak kenal putus asa,,,jng menyerah,,,jng menyerah,,,

tak pernah berhenti untuk mengucapkan syukur kpda Allah,swt atas semua limpahan rahmat dan karunia yg telah di berikan...

Ummi Ubay said...

sering2 bersyukur akan membuat kita lebih dengan Allah
dan akan lebih meraakan indahnya anugrah yang tak ternilai: sebuah kehidupan

inung halaman samping said...

Hikmah dan inspirasi perjuangan hidup memang ada dalam jangkauan pandangan mata kita :D

Di jalan raya, tetangga sebelah, penjual sayur keliling kompleks atau malah perjuangan orangtua sendiri yang belum diceritakan pada kita :)

Nilla Gustian said...

Banyak hal yang bisa kita syukuri, dan dengan bersyukur semua terasa indah.. :)

MONOKROM said...

Melihat memang harus kebawah, tidak selalu ke atas. Karena dengan melihat ke bawah, mengajarkan kita untuk bersyukur. Kalau melihat ke atas, kita tidak akan merasa puas dengan apa yang telah kita capai.

ariefborneo said...

Selamat berhari minggu aja frend

Ferdinand said...

Bener tuh...hidup mesti disyukuri.....jangan pas lagi kepepet aja nyari2 Tuhan hhe......

udah lama aku ga kesini... Ap kbr nie???

etam grecek said...

bersyukur aku punya teman seperti mbak nyanyu...

Nyayu Amibae said...

Terima kasih tuk komentarnya....

>> o0z : Mantaf Bro....

>> Arif : betul3x.... (upin-ipin)

>> Grecek : Wah sampe 3x, hiks jadi malu.. trims ya sob,^_^

>> Dik Chika : Yup!! absolutly right!!! ^_^

>> Mas Inung : benar mas, karena itu mari kita berbagi makna dari sudut pandang kita yg berbeda...

>> AIPDS : Thankyuuu

>> Pelangi Anak : Setuju buangeeet!!

>> Arif : Oke!!! met nonton piala dunia,,, hehehe

>> Ferdinand : Kbr Baik sob, hanya sdg ga ada ide, mau di bawa kemana cerita hujan ini... ^_^


TUk Semua sahbat cerit hujan, duuh aku bener2 seneng punya sahabat seperti kalian, Tetap semangat!!! ^_^