Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, October 11, 2010

Ke-06 : Perkenalkan... Nama ku Propinsi Bengkulu

Senin, 11 Oktober 2010



Mungkin Sobat bertanya-tanya, kok judul posting kali ini aneh ya? Hehehe.. posting kali ini terinspirasi dari tulisan sobat Blogger kita di Mangcek Chandra Panjinata yang berjudul "Pak Prapto, Gubernur terbaik se-Indonesia yang pernah ada". Hmm.. hatiku menjadi terketuk ingin juga posting tentang Propinsi dimana sudah hampir lima tahun aku terdampar di sini.

Aku ingin bertanya sedikit kepada sobat-sobat blogger sekalian, adakah yang tahu dan mengenal Propinsi Bengkulu ? kalau sudah, aku menjadi sedikit lega. Tetapi kalau ada yang belum tahu atau mungkin hanya tahu kalau Bengkulu adalah salah satu propinsi dari tiga puluh tiga propinsi di Indonesia? maka dengan ini ijinkan aku memperkenalkan nya. Seperti kata pepatah, "Tak Kenal Maka Tak Sayang". ^_^

Bengkulu adalah propinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Di sebelah Utara berbatasan dengan Sumatera Barat, sebelah Timur dengan Jambi dan Sumatera Selatan, dan sebelah Selatan dengan Lampung.

Nama Bengkulu berasal dari bahasa Melayu-Jawi kata bang yang berarti pesisir kemudian terjadi pegeseran pengucapan berubah menjadi beng dan kulon berarti barat menjadi kulu. tetapi tidak ada fakta sejarah menyebutkan bengkulu berasal dari bahasa melayu, Namun menurut Yoza Erawan, S.Sos. ME. seorang putra Bengkulu yang bekerja di Kementerian Sosial RI dan alumni dari Universitas Bengkulu, bahwa nama Bengkulu berasal dari Bahasa Inggris "Bencoolen/Coolen" dari kata "Bend Cut Land" yang berarti Tanah terpatah/Tanah yang menjadi patah, fakta sejarah ini disebabkan karena kondisi tanah Bengkulu yang merupakan wilayah gempa bumi yang paling aktif di dunia dan pristiwa gempa bumi itu telah terjadi sejak zaman behula sampai akhir zaman, pada zaman Inggris berada di bengkulu terjadi pristiwa gempa bumi besar yang diiringi Tsunami yang membuat wilayah geograpis Bengkulu berubah hal itu terjadi pada sekitar tahun 1700-1800 kejadian itu sampai membuat Benteng Malbourough selama beberapa tahun dikosongkan.

Adapun profil dari Propinsi ini adalah sebagai berikut:

Propinsi Bengkulu

Ibu Kota : Kota Bengkulu
Gubernur : Agusrin Maryono Najamuddin, ST
Luas : 19,788,70 km2
Penduduk : 2.000.000 (+/-)
Kabupaten : 8
Kota : 1

Suku :
Jawa (22,31%), Rejang (21,36%), Serawai (17,87%), Melayu Bengkulu (7.93%), Lembak (4,95%), Minangkabau (4,28%), Sunda (3,01%), lain-lain (18,29%).

Agama : Islam, Kristen, Hindu, Budha

Bahasa :
Melayu Bengkulu, Rejang, Serawai, Pasemah, Kaur, Enggano, Indonesia


Zona waktu : WIB

Rumah Tradisional : Pusako Bubung Limo

Senjata Tradisional : Keris Bengkulu

Hmmm.... sudah lumayan tahu tentang Bengkulu kan? Memang sih, Bengkulu ini agak berbeda dari Propinsi lainnya di Indonesia. Karena Bengkulu tidak pernah dijajah oleh Koloni Belanda dan Jepang. Tetapi Bengkulu adalah propinsi jajahan Inggris. Entah aku dapat kabar dan cerita dari mana, konon katanya dulu Pak Soekarno melakukan pertukaran, yang dulunya Singapura termasuk wilayah Indonesia ditukar dengan Bengkulu, mungkin alasannya agar semua pulau sumatera menjadi wilayah Negara Kesatuan Indonesia.

Kalau soal seni dan budaya dan Pariwisata di Bengkulu, aku akan mengacungkan delapan jempolku (andai bisa! hehehe.. sayang jempolku hanya ada 4 kalaupun jempol kaki dipakai.. :-P). Karena jujur aku katakan tak ada tempat di Indonesia seindah Bengkulu. Hayoo.. pada mau protes?? Nanti dulu... ditahan dulu protesnya, biarkan aku selesai nulis dulu ya... hehehehe.

Ada kah sobat Blogger yang berasal dari Bogor? Yups.. Bogor kota hujan. Tapi aku rasa, kalau saja yang memberi julukan itu pernah ke Curup-Kabupaten Rejang Lebong, aku yakin Predikat kota Hujan akan diberikan kepada Curup, karena tiada hari tanpa hujan di Curup. Sekarang Pantai, Pantai mana yang panjangnya melebihi "Pantai Panjang-Bengkulu"? Kalau di pantai lain itu banyak pohon kelapa di tepinya, di Pantai Panjang Bengkulu pohon pinus yang menjadi kelebihan daya tariknya, so what gitu looh!!! hanya sobat-sobat yang pernah ke Bengkulu yang tau, satu lagi, Monas yang menjadi kebanggaan Ibu kota Indonesia itu, Emasnya berasal dari Bengkulu loh, jadi tak salahkan aku merasa bangga akan Bengkulu???

Tapi....
Aku merasa aneh, kenapa banyak sekali yang tidak tahu akan Bengkulu? Kenapa Bengkulu seperti terisolir? Padahal banyak sekali tokoh-tokoh hebat di Indonesia yang berasal dari Bengkulu... Ada apa dengan Bengkulu?


Note:
Sumber tulisan : Wikipedia Indonesia
Sumber gambar : Google image


12 comments:

Djangan Pakies said...

perkenalkan nama ane Boemi Boeng Karno hhh

Be cut land, kapan ya aku ke sana untuk melihatnya dan merasakan siraman hujannya?

Nyayu Amibae said...

>> Pakies : mariii paaak.... mumpung ami masih di sini... akan ami antar keliling-keliling.... tuk membuktikan kalau Bengkulu tak kalah dengan propinsi lain.... ^_^

tiwi said...

Asswrwb..kenalin nm sy kota pahlawan..Suroboyo Cak!...hehehehh...yg mau mampir yuk sy temenin wisata kt Suroboyo...hehheh..Btw sis,..ak blm prnh ke Bengkulu..mg2 aja suatu saat bs jln2 jg ke sana..n kopdar ama yg punya kavling ini..hehheh..sukses trs sahabat...

secangkir teh dan sekerat roti said...

jujur, sebagai orang yang propinsinya jarang diekspose (NTB), saya sependapat dengan anda.. :D

banyak potensi di daerah masing2 tapi gak diperhatikan..

*emang indonesia hanya JAKARTA saja.. ?

joe said...

ah, anda salah kok, karena letaknya yang lumayan dekat dengan ibukota, bengkulu mudah ditemukan dalam peta Indonesia ...

Lone Fighter said...

Wah.. jd pngen ksana...

angel said...

masih satu pulau sama saya :-)

Ferdinand said...

Pagi.. wah maaf aku baru bisa berkunjung....

Bengkulu ya... aku jujur aja cuma tau letak dan sejarahnya itu juga cuma dikit soalnya aku juga blum pernah kesana... tapi setelah aku baca sampe abiz ... aku pengen bilang makasih udah diposting hhe,,,,

kamu di Bengkulu toh tinggalnya?

om rame said...

mengenai provinsi bengkuLu saya tidak bisa menjawab Mbak, begitupun dengan sejarah berdirinya. baru saya ketahui disini. trims atas infonya.

Gaphe said...

yak, akhirnya aku tau Bengkulu itu isinya apa aja.. selama ini cuman tau namanya aja, nggak tau tempat-tempat wisatanya ada apa aja

Akulah Sahabatmu said...

aku org jawa asli & bengkulu mayoritas org jawa [transmi], pastinya ada rasa tali persaudaraan hehehe... lam kenal mbak...

chikarei said...

hidup bengkulu!!!
ikikiii!!!
chika dari kemaren pengen nulis tentang bengkulu, tapi belum kesampean ^^
bengkulu emang keren banget
cuma pemerintah kurang kreatif ngerawatnyahh