Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Sunday, October 24, 2010

Ke-09 : Kebenaran Vs Pembenaran

Minggu, 24 Oktober 2010

Brerrr.... dingin niaan!! hehehehe. Aku baru saja selesai mencuci piring dan gelas, sekarang mau melanjut menyelesaikan cucian pakaian yang menumpuk selama tiga hari. Selagi menunggu pakaiannya diredam, ku coba sempatkan posting dulu, hehehehe. eeiiit.... klo sobat-sobat ada yang bertanya kok siang bener nyuci pakaiannya? sekarang ku jawab dengan jelas sejelas-jelasnya. Bukan tidak mau mengikuti aturan mencuci sebagaimana biasanya, pagi-pagi mencuci terus langsung dijemur, biar cepat kering. Nah, kalau di Curup ini, tidak ada istilah cepat kering, karena hitungan keringnya ya tetap 3 hari. malah, kalau lagi sialnya, (kadang pergi ke desa dan hujan tiba-tiba), pakaian bisa kering membutuhkan waktu lebih dari 3 hari. (Pengumuman: bagi yang mau berbaik hati menyumbang mesin pengering pakaian, aku terima dengan senang hati, wkwkwkwkwkwk). :-P

Kita lupakan sejenak masalah mencuci pakaian, kita kembali ke laptop (kayak tukul aja.. :) ), satu minggu ini, aseli kegiatan padat-padatnya, semuanya kejar tayang... ini saja hutang pekerjaan masih menumpuk di meja dan pikiranku, sehingga terkadang membuat prustasi... ( hmm.. sekalian minta maaf bagi sobat-sobat yang tak sengaja telah komentar dan atau sempat membaca postingku yang berjudul "aku mau marah") terpaksa aku hapus posting itu secepatnya, karena itu hanya ungkapan prustasi itu saja, dari pada marahnya tak tersalurkan ya ku pakai media posting tuk mengungkapkannya, dan setelah terasa baikan, ya langsung aku hapus, hehehehe.

Sampai minggu ini, kita (team) telah menyelesaikan 5 Pelatihan Dasar tingkat Desa, karena sifatnya mengulang, pelatihan ini ya kami anggap sebagai media untuk mengingatkan kembali perjalanan program yang telah berlangsung, kalaupun ternyata terjadi kejadian "kenyataan keluar dari tujuan utama program", ya mariii... kita kembali ke jalan yang lurus... wkwkwkwk. (apa cobaaa?? :-D ).

Hmmm... Aku sering tersenyum-senyum simpul setiap aku diberi kesempatan memandu pelatihan, karena ya itu tadi, jujur aku tidak begitu suka hal-hal yang bersifat formatur, jadinya dalam memandu, aku hanya memegang kunci "substansi & tujuan materi", nah, kalau jalan menuju pemahaman materi, aku lebih suka memilih disesuaikan dengan situasi-kondisi karena menurutku... setiap desa, beda pula perlakuan. Ada desa yang butuh dongeng, ada juga desa yang mesti bercerita rada masuk-masuk materi politik... wkwkwkwkwk... (hmmm.. ini juga jawaban untuk sobat-sobat yg sering nemuin aku di FB, karena dunia FB sering ku jadikan sebagai sumber inspirasi untuk apa yang ingin ku sampaikan dalam memandu. Kan, di FB kita bisa mengetahui berita terkini itu apa?? hehehe)

Hoyaaaaaa...... kok ngalur ngidul postingnya???? wkwkwkwkwk... sabarrr sob...

Kelurahan terakhir pelatihan minggu ini adalah kelurahan Air Bang, entah kenapa, disaat aku memandu, aku tercetuskan untuk mengajak peserta bertukar pikiran mengenai KEBENARAN Vs PEMBENARAN, Huft... sahabat bingung??? hmmm...

Dalam kehidupan kita sehari-hari hal ini sering terjadi, banyak sekali KEBENARAN yang kita ketahui, tapi hanya sebatas diketahui, sedangkan untuk melaksanakan KEBENARAN itu terkadang bisa kita hitung pakai jari. Nah lo?? kok aku bisa bicara seperti itu? It's a Real... ini fakta yang berbicara.

Di dunia ini, semua orang tahu tentang sebuah kebenaran, kita contohkan saja, semua orang tahu kalau BERBOHONG ADALAH DOSA. Semua orang juga tahu, akibat dari kebohongan akan melahirkan kebohongan-kebohongan lainnya. (ini contoh Kebenaran).

Kenyataannya, yang sering terjadi, kita (termasuk aku sendiri), sering sekali melakukan PEMBENARAN. hmmm.. ya, pembenaran!! sahabat pasti sering mendengar istilah " BOHONG UNTUK KEBAIKAN ITU DIBOLEHKAN". itu tidak salah sama sekali, kalau bohong untuk kebaikan itu sesuai dengan konteks sebenarnya. Tapi yang sering terjadi... istilah tersebut hanyalah sebuah bentuk berkelit atau menghindar alias meminta sebuah pembenaran untuk hal yang dilakukan. Kalau aku ambil ungkapan bahasa Bengkulu, adalah sebuah bentuk "Cemen"(cemen=pengecut).

Huftt... Tahan!!! jangan dulu melempar sandal untukku!!! biarkan aku selesai bicara dulu ya... calm down please.... hehehe

Ingat istilah,"... katakan sebuah KEBENARAN walaupun itu pahit terasa", aku rasa ini lebih baik dilakukan... bendera Indonesia saja Merah Putih, Merah artinya Berani, Putih artinya suci. Jadi... mengapa kita tidak berani untuk mengungkapkan sebuah kebenaran, bukan malah menghindar dengan alasan untuk kebaikan?

>> Kaburrrr..... tancap gas!! sebelum dilempar sandal.... ^_^


19 comments:

Ferdinand said...

Ehm.. jadi disana mataharinya jarang mau main keluar ya haha.. takut item kali tuh matahari disana haha..

knp gak diposting di blog yg emank cuma buat pribadi aja tuh yg dihapus hhe... klo aku ada tuh 1 blog yg cuma aku doank yg tau hha..... abis kadang gak kepengen dibaca org lain haha..

untuk pembenaran.. kadang iya juga sih klo terpaksa haha.....

happy blogging n met nyuci yach...

Noor's blog (inside of me ) said...

dinegeri ini kayaknya bukan kebenaran yg sering kita dapat tapi pembenaran. yang salah dibuat benar, yang benar sebaliknya...sudah ga mikir dosa lagi kayaknya. Eh..ngomong2 klo mau nyuci lagi...nitip ya mba...hehehe

chikarei said...

disini juga hujan deras mba hehehe...
itulah manusia..
banyak kekurangannya
harus banyak memperbaiki diri
karena tidak selamanya yang kita pikirkan itu benar :D

Nyayu Amibae said...

>> Sob Ferdinand : hmmm.. iya, dulu cerita hujan ini yang jadi blog pribadiku, makanya ada label "Curhat", tp semenjak dipublikasikan eeeh... rameee, hehehe. Kalau sobat bilang, salah sendiri kenapa dipublikasikan, ya ga pa-pa. Jujur, dulu aku sering sekali mellow2 sendiri ga jelas!! makanya, aku tutup acara mellow2 ku itu.... takut berlarut sob... ^_^

>> sobat Noor : gubraaaak!!! ga tebalik bang?? ami yg mau nitip cuci ke sana... ini aja hujan deras......

>> Dik Chika :adem.. pool klo hujan dik..hehehe... cepetan pulang geh... kata emak, perasan kelapa dah nunggu lagi...wkwkwkwkwk

DenBaGas said...

Salam
Jadi inget lagu 'perahu retak' karya Franky sis..
nyambung ngga yach..

Salam kawan

Djangan Pakies said...

sekarang baru terjawab kenapa postingan tentang marah itu tiba-tiba hilang.
Pakies pikir bahwa mengungkapkan isi hati pada orang lain ada baiknya selama yang bersangkutan bisa memberikan solusi terbaik, amanah dan tidak menambah masalah.
Namun ada tempat curhat yang gratis dan Insya Allah ada banyak jalan keluar, dimana itu ....
curahkan semua di heningnya sepertiga malam.

nyayu amibae said...

>> Den Bagas : Waalaikumsalam.... hmmm.. jadi rindu juga tembang lawas itu.. kayaknya agak nyambung dikitt... wkwkwkwk (sambil cari2 file lagu tempo dulu Franky....) Ketemuuu!!! trims yaaa sudah diingetin... ^_^

>> Pakies : hmmm... iya pak, trims tuk nasehatnya... insyaallah mulai sekarang ami coba balikin lagi kebiasaan sholat malam yang telah lama ditinggalkan.... tolong doa n bimbingannya ya paak.. trims tuk hidangan teh nya.. ^_^

Belantara Indonesia said...

weblog bagus.....ga jauh dari nuansa alam..ayuk lah jeng ato mbak..barter link aja...biar gampang visitnya.....oke lah kupasang dulu yea.....salam..dan thx visiting nya...

Lone Fighter said...

Pmbnaran tjadi bkn krna lmahnya hati, tp lbih karena remangnya btas antra kbnran n kslhan tu sndiri. di negri ini,smuanya udah jdi abu-abu...

Belantara Indonesia said...

Terima kasih mbak sista.....nanti sama2 saling sharing, apalagi pas aku mudik ke Palembang kan jadi deket daripada Bengkulu Jogja gini...heuheueheue....

Nyayu Amibae said...

>> Sob Adit : trims sudah berkunjung dan mau hujan-hujanan di blog ini... trims juga tuk tawaran tukar linknya... smoga kita bisa jadi sahabat... karena banyak sekali yang aku kagumi dari sang petualang seperti sobat... ^_^

>> Sob Lone : hmmm... abu-abu, semoga blog ini buan merupakan abu2 seperti yg sobat bilang ya.. amiiin...hehehehe

Belantara Indonesia said...

Elang Antar Nusa..ga ada hubungan kok.hanya kawan maya biasa..hehehehe....ya smoga tar kita ketemu di palembang..jauh amat ya dari Bengkulu..hahahahha

secangkir teh dan sekerat roti said...

sendal siapa yang mau melayang itu.. ?

nyayu amibae said...

>> sob adit : kirain adminnya sobat adit...wkwkwkwkwk..... hmm.. ada rencana januari aku juga pulang ke palembang sob, tanah air ku bumi sriwijaya juga..hehehe

>> sob ve : ga tauuuuu...takuuuut....hehehehe

Belantara Indonesia said...

nyusulin jawaban: Prabumulih yuk....yuk amoeba..

Rubiyanto said...

wah bahaya kalau sudah musim lempar-lemparan sendal gitu ...!

Usup Supriyadi said...

hihiii

jangan main begituan ah... hihhi

misi daku jangan dilempar yehhh

Ferdinand said...

Owh...... berarti sekarang udah gak mellow2 sendiri dund? bagus deh :P

iya sih dari pada dipendam emank mendingan di posting hhe.... Semangat :P

hari ini gak ada cerita banjir nie? hhe....

tiwi said...

asswrwb...tetapi apa yg terjadi bila KEBENARAN dimanipulasi hingga seolah olah KEBENARAN tsb bukanlah KEBENARAN??? krn manipulasi tsb dilakukan olh org2 BERSALAH hingga melakukan PEMBENARAN ats diri sndr dan kesalahan yg telah meraka perbuat?? entahlah..sis.. dunia sdh berbalik kaleee, org yg memperjuangkan KEBENARAN seolah terhimpit didesak oleh org2 yg melakukan PEMBENARAN ats kesalahan mereka!grmblgrlmblktnnzcwed...kesel euy..