Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, February 8, 2012

Who am I ?


Manusia, sebuah hasil karya penciptaan yg Maha Sophisticated. Ada mewujud karena diadakan, berkesadaran tapi terkadang tak sadar dengan eksistensi kemaujudannya. Bertanya adalah anugrah yang diberikan pada manusia, tapi tidak semua tanya ada jawabnya.
(Abah Mokhamad M Dodi)

Rinai hujan menemani sepanjang perjalanan ku menuju kota Minyak Prabumulih, dan sepanjang jalan itu juga otak dikepala ku yang aku akui rada-rada lemot berputar mencari jawaban dari satu pertanyaan sederhana tetapi ternyata begitu sulit untuk dijawab, dan mungkin aku tak akan mampu menemukan jawabannya, Who am I ? siapa aku ?  betul-betul merupakan pertanyaan sederhana. 

Abah Mokhamad M Dodi tertawa dalam chatnya saat aku menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban "aku adalah aku yang hanya berusaha menjadi aku". Tawa Abah seketika membuatku merasa ada yang salah dengan jawabanku, ya.. kalau diibaratkan bermain catur, aku kena skak mat hanya dalam satu langkah.

Sekarang aku memandang bayang ku di cermin. Cermin yang jujur sangat jarang aku gunakan kecuali sekedar untuk melihat rapi tidaknya jilbab yang aku pakai. Who am I? pertanyaan itu kembali ku pertanyakan kepada diri ku sendiri.

Seketika aku menjawab kalau aku adalah  "ami", tetapi seketika itu juga batin ku menjawab kalau itu hanya sekedar label nama yang yang diberikan orang tua ku ketika aku lahir. Oh No... ternyata aku sendiri saja tidak puas dengan jawaban ku sendiri.

Aku pun beralih ke lepi ku, mulai mencari peruntungan jawabannya di Google. Betul-betul lucu, bagai orang yang kena amnesia, aku mencari jawaban siapa aku dari mesin pencari. Hmmm.. key words yang aku pakai adalah "siapa aku". Seketika deretan artikel pun berbaris memenuhi layar lepi ku. Ku buka satu persatu, ku baca dan begitu seterusnya sampai aku mendapat sebuah kisah berikut di link ini http://suluk.blogsome.com/2006/03/17/mengenal-diri-2 :

Dalam keadaan sakratul maut, seseorang tiba-tiba merasa berada di depan sebuah gerbang. “Tok, tok, tok,” pintu diketuk.
“Siapa di situ?” ada suara dari dalam.
Lalu dia seru saja, “Saya, Tuan.”
“Siapa kamu?”
“Watung, Tuan.”
“Apakah itu namamu?”
“Benar, Tuan.”
“Aku tidak bertanya namamu. Aku bertanya siapa kamu.”
“Eh, saya anak lurah, Tuan.” Wajahnya mulai plonga-plongo.
“Aku tidak bertanya kamu anak siapa. Aku bertanya siapa kamu.”
“Saya seorang insinyur, Tuan.”
“Aku tidak menanyakan pekerjaanmu. Aku bertanya: siapa kamu?”
Sambil masih plonga-plongo karena nggak tahu mau menjawab apa, akhirnya ditemukanlah jawaban yang rada agamis sedikit.
“Saya seorang Muslim, pengikut Rasulullah SAW.”
“Aku tidak menanyakan agamamu. Aku bertanya siapa kamu.”
“Saya ini manusia, Tuan. Saya setiap Jumat pergi jumatan ke masjid dan saya pernah kasih sedekah. Setiap lebaran, saya juga puasa dan bayar zakat.”
“Aku tidak menanyakan jenismu, atau perbuatanmu. Aku bertanya siapa kamu.”
Akhirnya orang ini pergi melengos keluar, dengan wajah yang masih plonga-plongo.
Dia gagal di pintu pertama, terjegal justru oleh sebuah pertanyaan yang sungguh sederhana: siapa dirinya yang sebenarnya.

 Aku menghela nafas bersama gemerintik suara hujan yang mengalun dari luar kost ku. seketika aku merasa kisah tersebut sama seperti aku, ya.. aku terjegal oleh sebuah pertanyaan sederhana. entah aku mesti tertawa, melongo, atau bagaimana merasakan betapa bodohnya aku sekarang yang masih belum menemukan jawaban tepat dari pertanyaan tersebut. Hmm........


16 comments:

Yayack Faqih said...

ya, terkadang tapi gak sering... Tersadar dari tidur siang yang sebentar, pikiran berkelabat ttg siapa diri saya? Merasa asing hanya menyebut nama saya sendiri dan ada keanehan dgn pertanyaan2 tsb muncul seketika. Ko saya orangnya begini. Yaaa pokoknya hal itu di alami kaya setengah sadar. Namanya apa saya gak tau.

Yayack Faqih said...

oia, itu foto yang di atas kelihatanya cantik bgt padahal gak menampakan wajahnya. Itulah kecantikan yang terkadang bisa di nilai hanya dari seutas kain. hehe..

M. Chandra Panjinata said...

hadir untuk menyimak blog saudari ku.....

choirul huda said...

terus pertanyaan itu juga bingung harus aku jawab apa?
siapa ya aku

Pakies said...

wah judulnya mirip pilemnya jacky chan hhh, tapi isinya sebuah renungan yang manteb yang kalo saya sendiri belum tentu mampu menjawabnya

Indra Kusuma said...

Kalau begitu jadilah air yang memilki banyak unsur kehidupan, dia mudah dalm terbentuk dalam mengikuti setiap ruang dan menuju yang datar, berubah mengikuti rasa dan warna tanpa harus menyakiti, dan sejuk melebihi kabut dalam setiap mata dan hati yang menghampirinya.


Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

WaroengBlogger said...

berasa sunyi di sini :D
salam

625b3984-52db-11e1-9c64-000bcdcb5194 said...

......Hujan: bulir-bulir bening mengalir bermuara dalam raga, membasuh qalbu menumbuhkan benih tanya tentang siapa diri. Rabb, ayat-Mu kubaca dalam hamparan mushaf di semesta ini.

Dunia Piyen said...

berkunjung kembali....
siapa pun diri kita yang penting tetap harus melangkah dan jangan pernah menyerah karena kita masih belum mengenal siapa diri kita

Kaito Kidd said...

saya adalah apa yang anda lihat tuan. . .
saya adalah apa yang anda rasakan tuan. . .

Annur EL- Kareem said...

YAUP yg bener tuh diatas...
setuju,,,
so, aku adalah???.... insya Alloh sudah ada jawabnya yg tepat klo ditanya..

syukron ilmu
jazakkalah

jarwadi said...

hujan itu membawa rasa kangen berlebih loo mba, hehe

salam

Bang Pendi said...

Wah, jangan ditanyakn ke Bang Pendi, siapa Mba Ami? pasti ga akan bisa jawab, wong ketemu juga belum...hehe

Suratman Adi said...

"Siapa Aku"??? Bingung jwb nya mba ha..ha..ha...

Malapetaka di Februari 2012! Kena google Sandbox? said...

kalau aku sapa ya? -_-

TUKANG CoLoNG said...

aku dimana?