Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Sunday, April 21, 2013

Aku Simian Line, Kamu?

garis tangan org kebanyakkan
Langit bumi Sriwijaya bersenandung rinai hujan kala aku mencoba menarikan jemari di atas keyboard. Sejenak aku termangu, bingung ingin menulis apa, sampai aku mengamati garis telapak tangan kanan ku.

Biasa nya pada orang kebanyakkan, mempunyai garis tangan yang putus dan bercabang. Dari segi medis, ada dua garis utama pada telapak tangan, yaitu: Head Line (yang berawal diantara jempol dan telunjuk, terus ke bagian tengah telapak tangan, dan Heart Line (yang berawal di bawah kelingking).

Telapak Tangan kanan ku
Lihat, ada kah yang aneh pada garis telapak tangan ku? Betul!!! Garis tangan ku tak biasa seperti garis tangan kebanyakkan orang. garis tangan kanan ku antara Head Line dan Heart Line menyambung jadi satu garis lurus, itulah yang disebut dengan "Simian Line".

Sebetulnya sudah sangat lama aku menyadari perbedaan ini, waktu kecil pernah suatu waktu aku menanyakan hal ini kepada orang tua, tapi mungkin karena orang tua juga tidak tahu, maka nya beliau bilang biasa saja, jangan diambil pusing.

Sampai suatu hari waktu di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN), aku bertemu teman dari Fakultas FKIP yang mempunyai garis tangan yang sama seperti aku, kalau aku hanya tangan kanan, dia malah kedua belah tangannya. Karena merasa sama, kemana-mana kami seperti saudara, lucu juga kalau ingat hal itu,hehehe.


Ok, back to simian line, banyak sekali artikel tentang hal ini di google, salah satu nya artikel di Kompasiana yang menyatakan hati-hati bila telapak tangan berpola simian line (artikel bisa di baca di sini), artikel tersebut menyatakan segala hal yang negatif tentang seorang simian line, katanya semua  bayi yang dilahirkan dengan Down syndrome hampir semuanya mempunyai ‘simian line’.

Yang cukup mengerikan lagi, dari hasil kajian pada orang dengan ‘simian line’ disebutkan bahwa pecandu narkoba, pembunuh massal dan orang fanatik agama sama-sama mempunyai ciri yang sama yaitu memiliki satu garis lurus pada telapak tangannya. Namun hal ini tidak menyimpulkan bahwa mereka dengan ‘simian line’ akan menjadi pelaku kriminal. Sejumlah orang ‘ternama’, seperti Tony Blair (mantan perdana menteri Inggris), Hillary Clinton (menteri luar negeri AS), Robert DeNiro (aktor) memiliki ‘simian line’. Yang menonjol dari mereka yang mempunyai simian line ini nampaknya adalah sifat ngotot (zealous), obsesif dan keras kepala (single-mindedness).

Terus, dari segi palmistry, katanya orang yang memiliki Simian Line ibarat pedang bermata dua. Menyatunya garis kepala dan garis hati konon menunjukkan bahwa orang tersebut susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala). Orang dengan Garis Simian cenderung memiliki emosi yang ekstrim, sangat energik, sangat kreatif. Jika garisnya lebih tinggi di tangan, itu berarti orang tersebut lebih dikuasai emosi. Jika garisnya lebih rendah di tangan, orang tersebut cenderung lebih dikuasai pikiran mereka. Orang Simian Line  biasanya sulit untuk menyeimbangkan emosi mereka dengan logika. Selain itu, orang bergaris tangan tunggal memiliki sifat tegas, keras kepala (egois), (katanya) hidup mereka kesepian karena karakter yang meledak-ledak ini. Eeeemmmm, benar ga ya???? hehehehe

Di satu sisi orang simian line bisa punya kemampuan kuat untuk memfokuskan diri pada satu hal tertentu, namun di sisi lain punya kecenderungan untuk melakukan sesuatu tanpa pikir panjang, hiper aktif, agresif dan cenderung tidak sabaran. Ada yang mengatakan bahwa sekalinya sukses akan sangat sukses, namun sekalinya terpuruk akan sangat terpuruk.

menurut kepercayaan Jawa kuno beda lagi, kata nya orang simian line memiliki hidup yang berkecukupan dalam kehidupannya kelak. Bahkan banyak yang yang meramal kalau tipe Simian Line adalah jenis yang sangat setia terhadap pasangannya di kemudian hari.

Huaah,, benar atau tidak tentang hal di atas, walau Simian line hanya terjadi pada 1 dari 30 orang atau sekitar 3% dari populasi manusia di dunia dan 14% dari populasi orang Asia, aku tidak terlalu ambil pusing, karena menurut ku Setiap Manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan  kehidupan kita sudah tercatat dengan baik dan akurat di kitab Lauhul Mahfuz, jadi mau percaya atau tidak tentang garis tangan ya terserah teman-teman, tapi yang pasti aku Simian Line, kamu?

16 comments:

Anton said...

Kalo aku enggak Simian Line, tapi anak lelaki pertamaku malah kedua tangannya Simian Line. Skrg baru 5thn, mgkin ada benarnya juga, salah satu sifat yg menonjol ya keras kepala, kalo udah ingin sesuatu ya penginnya terpenuhi. Semoga saja kekeras kepalaannya membawa kebaikan, sama spt keras kepalanya Khalifah Umar ibn Khattab hahaha...

melblogs TTM / iffa said...

assalamu'alaikum jeng......., uwiihhh.......apik tenan rumahnya.....serasa baca diary nih hehe

Wah aku ya bingung dengan garis tanganku....banyak yg meramal ini itu tp ya setuju dengan sista aja..semua tergantung sikap diri yg berpondasi dg tuntunan agama. Insya Allah segala apa yg kita tanam akan kita petik. So.....apapun garis tangan kita mari kita gunakan hanya di jalan kebaikan saja......

Aku tertarik cincinnya tuh.....:)

solusi tepat mengatasi vitiligo said...

informasi yang sangat menarik dan semoga bermanfaat.... salam kenal,,,

Hengki Jimi said...

idem bu.....heheheheee.....

Sukadi said...

Garis tangan saya tidak lurus Mbak, tapi seperti perjalanan yang berliku-liku hehe..
Apapun hasil penelitiannya, yang penting disikapi dengan bijak, jangan malah meimbulkan efek negatif hehe..

munir ardi said...

menarik mengenai hal-hal ini banyak sekali peramal yang melihat melalui garis tangan , apapun semua reski telah diatur oleh Nya

kutu kuliah said...

Aku juga simian line, tapi apa pun itu. Hidup hanya mengharap Ridha Allah SWT

Cermin Berembun said...

Hehee...nambah pengetahuan.
Nice note Mbak.
Saya suka artikelnya
:)

syabany said...

terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

syabany said...

makasih infonya

cara menyembuhkan kanker serviks said...

terimakasih atas informasinya

Arief Ready said...

aku juga simian line sist
pada keduanya malah,.
tapi bener juga kata sista " semuanya tergantung pada diri kita masing-masing "
mudah - mudahan aja kita semua ( para simian line ) menjadi orang yang baik dan sukses.
amiin..

Anonymous said...

saya malah punya di dua tangan mbak, ada benarnya keterangan diatas. hehe tapi ya enjoy aja ..

beruang kuma said...

aku juga simian line sist
pada keduanya malah,.
tapi bener juga kata sista " semuanya tergantung pada diri kita masing-masing "
mudah - mudahan aja kita semua ( para simian line ) menjadi orang yang baik dan sukses.
amiin.

mantap commentnya mas
semoga memang di takdirkan jadi pemimpin ya kita" orang 3% ini, meski cuma bisa memimpin diri sendiri dan rumah tangga nantinya ^^

fakhri The Sim said...

iya aku Simian Line juga Salam kenal.
Semuanya kembali kpda kita trgantung membawa keadaan menjadi baik / sebaliknya.
Tks

fachri ut said...

saya simian line kanan,iya kalo lagi sukses ga kepalang,gampang ama yang namanya duit tu..ide nya extrim trus dan pasti orang suka,gtw deh