Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, January 1, 2015

Di atas langit, pasti ada langit

Akhirnya gemuruh di langit sebagai tanda pergantian tahun semakin mereda. Entah sudah berapa uang yang habis membeli kembang api untuk memuaskan hasrat yang hanya sesaat. Dengan memasang earphone di telinga, senandung iwan fals dengan judul "Sore Tugu Pancoran" membuat semakin besar ketimpangan dari fenomena malam tahun baru yang semakin berulang.

Dari info yang beredar di beranda facebook yang memuat berita tentang puluhan ribu fasilitator PNPM MPd yang resmi menganggur di awal tahun,  berita tentang jatuhnya pesawat air asia tujuan singapura yang jatuh di laut jawa, apakah ini harus dirayakan dengan kembang api?

Aku menghela nafas panjang, di tahun 2014 aku mendapat hadiah sebuah pengalaman berharga, dan di tahun 2015 ini aku ingin bisa menjadi lebih baik, dan flores tetap menjadi sebuah cita-cita yang masih tidak tergantikan.Oh ya, dari a'cak aku menjadi tahu tentang Abha, apakah aku akan mendapat kesempatan kesana juga? oh Tuhan, betapa indahnya bumi-Mu ini.

Genap 7 bulan aku bersama tim ku yang baru, walau merasa terseok-seok mengikuti langkah para senior, tapi aku tetap ingin memberikan yang terbaik. Kehidupan memang seperti roda yang berputar, dan sekarang aku merasa aku di bawah, dan di atas langit pasti ada langit. dan semoga langkah ku ke depan akan semakin ringan. Aamiin...

No comments: