Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Saturday, June 13, 2015

Jangan Pernah Menyesal Menjadi Orang Baik

Memandang jejeran awan yang berbaris dari balik jendela dengan sepoi-sepoi angin yang bertiup dari kipas angin yang setia menemani melawan gerahnya bumi sriwijaya ini, membuatku hanyut untuk menarikan jemari di keypad tablet.

Seminggu ini banyak kisah yang terjadi, diawali tertohoknya sanubari saat menyadari bahwa aku begitu malu menjadi seorang melayu yang tak mengerti hebatnya budaya melayu, sampai pada beberapa kisah tentang dunia pemberdayaan dari kacamata sosialisasi.

Oh ya, seminggu ini aku banyak melihat wajah-wajah penuh sedih diteman-teman fasilitator, wajah-wajah meminta keadilan, meminta perhatian, sampai pada harapan pengakuan atas apa yang telah dilakukan. "Aah,, aku dulu juga pernah merasa seperti yang mereka rasa, tapi aku tak bisa seperti mereka yang mengungkapkan dan menyampaikan rasa dihati", gumamku didalam hati.

Tetapi, sekarang aku merasakan hikmah keluh yang berhasil ku simpan sendiri, karena terkadang tak semua manusia akan mengerti tentang yang dikeluhkan, dan mengeluh dan berharap hanya pada Allah itu yang utama.

So, jangan pernah menyesal menjadi orang baik, lakukan kebaikkan semaksimal yang bisa dilakukan, hasilnya biarkan Allah yang menentukan. :-)

No comments: