Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Tuesday, June 14, 2016

Ikan Cupang, Mencegah Demam Berdarah dan In Harmony Clinic

Lebih baik mencegah penyakit dari pada mengobati merupakan sebuah filosofi kuno tapi sangat akrab di telinga. Di jaman yang serba canggih sekarang ini, hampir semua orang sudah menyadari kalau sehat itu penting dan mahal. Semua berlomba-lomba agar tidak sakit dan pastinya tak lupa untuk mendaftarkan asuransi kesehatannya.

Eits,, jangan salah, saya disini sama sekali tidak bermaksud untuk membahas tentang asuransi, tapi pingin lebih ke bagaimana kita menyikapi tentang hidup sehat itu sendiri, karena sadar atau tidak sadar kita sering berpikir terlalu jauh dan rumit tentang bagaimana melakukan pencegahan penyakit. Aah jadi ingat sebuah iklan sabun mandi di televisi dimana seorang ibu yang sangat protective akan kesehatan anaknya sampai-sampai anaknya harus keluar rumah dengan pakaian ala astronot pesawat luar angkasa :D


Kembali ke tindakkan pencegahan tadi, sekarangkan sedang musim hujan maka identik penyakit Demam Berdarah merupakan penyakit Trending Topic di dunia kesehatan nusantara. Seluruh bentuk sosialisasi tentang pencegahan penyakit pun di sebarkan Pemerintah, dari pemasangan spanduk di jalan-jalan utama sampai talkshow di televisi dan radio. Tapi sayangnya rumah sakit tetap ramai oleh pasien yang menderita penyakit disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini.

Yup, semua tetap balik kepada manusianya, seberapa mau dia melakukan pencegahan penyakit demam berdarah untuk dirinya dan lingkungannya, karena sesungguhnya pencegahannya tidak rumit-rumit amat  asal ada kemauan mengerjakan hal-hal seperti berikut:
  1. Karena si nyamuk menggigitnya di siang hari dan mempunyai tempat berkembang biak di wadah-wadah buatan manusia itu sendiri, maka disarankan untuk membersihkan wadah-wadah yang tergenang air atau yang lebih dikenal dengan program 3M (Mengubur, Menutup dan Menguras)
  2. Gunakan obat nyamuk oles pada siang dan malam hari
  3. Tutup tempat sampah jika sedang tidak digunakan. Tempat seperti ini menjadi tempat sembunyi favorit untuk nyamuk dan bebrapa jenis serangga lainnya.
  4. dan cara alamiah yang cukup ampuh adalah dengan memelihara ikan cupang (ikan adu) di bak penampungan air karena ikan cupang ini akan memakan setiap telur-telur nyamuk. Walau ini cara alamiah, tapi sudah masuk menjadi program pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan program untuk melawan demam berdarah dengue (DBD. 
 

Nah, yang sering buat bingung itu adalah membedakan antara penyakit demam berdarah dan typus. Karena gejala awalnya sama-sama deman tinggi. Kalau sudah begitu, saya biasanya langsung mengunjungi situs  In Harmony Health Clinic (IHHC) untuk berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter ahli. Dijamin bingung-bingungnya akan segera bubar jalan, hehehe.