Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, July 27, 2016

Pokemon Vs Relawan

"Berapa koleksi pokemon mu?", tanya sahabatku sesama fasilitator yang juga gagap ikut bermain permainan yang sebetulnya belum dirilis secara resmi di Indonesia tapi sudah begitu banyak peminatnya.

"Aku tidak main begituan," ujar ku yang tetap istiqomah menatap layar leptop menyelesaikan target yang gila-gilaan saling berkejaran. 


"Tumben? Seorang gamer seperti dirimu tidak tertarik dengan games yang begitu asyik dan sedang booming ini," ujarnya sambil mengedipkan mata dan kemudian kembali asyik dengan menatap screen hp guna menangkap radar dimana pokemon bersembunyi.

"Bukan tidak tertarik, tapi aku belum tertarik saja. Kamu tahu tidak kenapa aku belum tertarik memainkan games Pokemon Go ini?" tanya ku sembari sesaat menghentikan fokus ku ke layar leptop dan sekarang beralih menatap sahabat ku yang begitu suka dengan warna hijau.

"Kenapa?" ujarnya sembari balik bertanya dan juga menghentikan fokusnya mengamati peta di Aplikasi Pokemon Go.

Aku menghela nafas panjang, mengamati sosok berkerudung hijau yang merupakan sahabat karib ku dalam berjuang menemukan cita dan cinta. 

"Aku belum tertarik karena aku sedang melakoni sesuatu kegiatan yang lebih menarik dari  permainan mencari-cari pokemon" jawabku sengaja tetap dengan kalimat menggantung untuk meninggalkan rasa penasaran.

"Kegiatan apa?", tanyanya kembali dengan raut wajah yang tak sabaran.

"Kegiatan mencari relawan! itukan kewajiban yang harus kita lakukan sekarang," jawabku tak berhenti menatap wajah yang tiba-tiba berubah.

"Huuh,, aku kira apaan! kamu itu terlalu serius kerja! Cepat tua loh nanti!" ujarnya dengan tawa yang lepas.

"Hmm.. ya terserah kamu sih pendapatnya gimana. Tapi kalau aku sih setiap kali aku kepikiran mau instal tuh Pokemon Go, saat itu juga aku jadi ingat apakah aku sudah menginstal aplikasi kegiatan pendampingan program. Setelah menginstal aplikasi kegiatan dengan melakukan sosialisasi yang baru setitik debu saja, aku pun masih tidak berani untuk instal tuh Pokemon Go. Karena, ternyata aku belum mempunyai pokeball sebagai komitmen masyarakat untuk melaksanakan program. Eh, ternyata setelah masyarakat berkomitmen, aku ternyata lebih merasa asik untuk mencari relawan, karena sensasi dan tantangannya lebih luar biasa dan nyata dari pada pokemon." ujar ku tersenyum dan kemudian kembali fokus di depan leptop meninggalkan sahabat yang sekarang duduk diam dan membisu.

-----
*) Hanya tulisan yang terinspirasi setelah melaksanakan KBIK Program KOTAKU di Korkot 5 Kabupaten OKI - Sumsel

No comments: