Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, March 3, 2010

Ke-02 : Hikmah


Rabu, 3 Maret 2010

Hiks...hiks...hiks..... Klo bahas tentang masalah satu ini memang tidak ada habisnya. Keterlambatan gaji memang bukanlah yang pertama kali ini aku alami. Berjuta rasa yang terjadi, dari sedih, kesal, kecewa tapi juga menjadi senang. Kok senang sih????

Aneh bukan? tapi ya kenapa aku tidak mengambil hikmah positif dari kejadian ini, ternyata tanpa kita sadari, keterlambatan ini membuat kita atau aku pada khususnya mendapat pengalaman hidup yang berharga lagi, apakah itu ?


  1. Sabar, Yup... so pasti latihan sabar kita yang pertama harus dilatih, sabar melihat barang-barang yang kita inginkan bertengger manis di etalase toko, memang bener kata orang "ga ada duit, malah banyak yang ingin dibeli" hahahahaha

  2. Hemat, Otomatis karena sudah belajar sabar untuk selera yang konsumtif artinya berdampak baik untuk keuangan ku, Horeeee!!! ternyata aku bisa juga hemat, bayangkan keuangan yang aku keluarkan perbulan menurun drastis karena aku hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang benar-benar menjadi kebutuhan

  3. Merasakan bagaimana menjadi orang miskin, hmmm... walau ga sepenuhnya merasakan, tapi bener-bener membuatku jadi berpikir, ga gajian 2 bulan saja aku sudah mengeluh, bagaimana yang dirasakan oleh kaum miskin yang kadang atau malah telah miskin dari dia lahir?? Ya Allah... terima kasih atas semua nikmat-Mu ini... :) . So... konsep pendampingan fasilitator yang harus hidup bersama, merasakan dan mengalami apa yang masyarakat miskin alami sedikit banyaknya bisa aku rasakan.... Ya Allah.. selalu kuatkan aku untuk dapat membantu dan berjuang bersama kaum miskin-Mu.

"Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, matikanlah aku dalam keadaan miskin, dan bangkitkanlah aku di hari kemudian bersama golongan orang miskin," (HR.Ibn.Majah)

No comments: