Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, March 12, 2010

Ke-13 : Rasa Ini

Jum'at, 12 Maret 2010
Hmmmm... pagi ketemu pagi lagi, memang hidup ini terasa seperti roda yang sedang berputar, tinggal bagaimana cara kita memaknai setiap moment perputarannya.
Alhamdulillah, dalam satu hari kemarin, kita dapat menyelesaikan pencairan terakhir 3 desa, Kelurahan Sidorejo, Kampung Jawa, dan Air Merah. Tapi Ya Allah, berbeda sekali suasana yang terjadi, yup!!! semuanya karena percepatan pencairan yang deadline tanggal 31 Maret 2010 ini. Hmmm... entalah, kesan ini apakah hanya aku yang merasakan, tapi bener-bener, aku merasa pencairan BLM ini bukan menjadi kebutuhan masyarakat untuk menanggulangi permasalahan nya, tapi mengapa malah lebih menjadi kebutuhan fasilitator untuk mencapai target. Hahahaha.. aku yakin goresan kata-kata ku ini pasti akan menjadi bumerang untukku sendiri. Bisa jadi gambaran yang aku katakan merupakan gambaran kinerjaku yang sudah tidak baik lagi, artinya aku hanya bekerja untuk mencapai target, betul sekali!!! sekarang hanya itu yang aku lakukan.
Teringat 3 tahun yang lalu, awal kita masuk dan bersosialisasi di desa, hmmm.. ada gregetnya loh!!! Fasilitator juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan aku dengan pisau belati..!!!
"Project oriented", program ini bukan lagi berniat melakukan pemberdayaan di masyarakat. Sekarang aku rasa kita hanya mengajarkan masyarakat untuk dapat membelanjakan anggaran yang telah ada. Hmmm.... kok kesannya negatif ya??? Ga tau aaaah... hehehehehehe

No comments:

About Me

My photo
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Mulai nge-blog 14 Desember 2009