Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, March 24, 2010

Ke-27 : Akan Dibawa Kemana ?

Rabu, 24 Maret 2010
Hmm... Alhamdulillah ya Allah, aku masih bertemu dengan pagi hari ini. Menjalankan hidup ini bagaikan seperti lagunya mbakyu KD, menghitung hari.... Umur fasilitator tinggal 7 hari lagi sebelum kontrak kerja selesai, setelah itu kita masih tidak tahu AKAN DIBAWA KEMANA hidup ini, semuanya kembali kepada Allah Sang Maha Penentu kehidupan makhluk ciptaannya.
Dua minggu ini, jadwal pelatihan Utama bagi Relawan dan BKM di Desa/Kelurahan dampinganku padat sekali. So pasti kita fasilitator harus menyediakan tenaga yang ekstra. Hmm... Ya Allah, sekarang aku menjadi lebih bingung lagi dengan keputusanku. Ya Allah, ternyata aku sangat mencintai pekerjaan ini. Bagaimana ini ya Allah? Setiap memandu di desa, aku sangat merasakan bahagia, bisa belajar bersama, berbagi ilmu dan pengalaman bersama BKM dan Relawan... ADA CANDA, TAWA, SEDIH, DEBAT, DAN SHEARING PENGALAMAN. Dari sini aku banyak belajar dari masyarakat, jujur aku rasakan aku pemandu hanya mempunyai kelebihan sedikit, yaitu LEBIH DAHULU TAHU MATERI, sedangkan yang lainnya, aku banyak belajar dari buah pemikiran masyarakat, ternyata aku harus lebih banyak belajar tentang kehidupan.
Hiks... sampai keluar air mata ku sekarang, ya Allah, aku berharap smoga apa yang kita cita-citakan bersama bisa untuk menjadikan masyarakat MADANI terwujud. Bantu aku untuk dapat MENGOBARKAN SEMANGAT AGAR MASYARAKAT MULAI MEMBANGUN DIRINYA SENDIRI UNTUK KELUAR DARI KEMISKINAN YANG DIALAMINYA. Kemiskinan yang sifat dan jenisnya sangat komplek, yang penyebabnya bukan hanya karena kurangnya materi.
Teringat lagi, aku dengan semangat BKM saat menyampaikan kepada ku tentang Perencanaan Jangka Menengahnya untuk tahun anggaran 2010, Alhamdulillah ya Allah, ternyata dimasyarakat dampinganku banyak mengalami pergeseran paradigma menuju yang lebih baik. Kembali aku terhenyu sendiri, banyak sekali harap mereka kepada kami, banyak sekali cita-cita mereka, dan bagaimana dengan aku? AKU MENGOBARKAN SEMANGAT, AKU SENDIRI SEBETULNYA JATUH TERPURUK DALAM KEBIMBANGAN. Apakah aku kalah ya Allah? apakah ini memang sebuah perjuangan?

No comments: