Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Sunday, May 2, 2010

Ke-03 : Mencari Pancingan

Minggu, 2Mei 2010

Hmm... ga sengaja aku tadi ketiduran setelah pulang dari basecamp. Lumayan melelahkan juga menyiapkan absen dan Berita acara untuk pelatihan besok. Yup, besok kita akan mengadakan kegiatan OJT Open Menu bagi UP-UP, yang dimulai dari UP Keuangan terlebih dahulu.
Jujur, aku masih bingung, memang sih OJT Open menu adalah banyak membahas tentang apa-apa yang dibutuhkan pihak masyarakat, apa saja yang mungkin mereka belum pahami yang bisa dibahas bersama. Yup, itu yang sebenarnya, dan kalau berjalan lancar. Tapi bila peserta nya banyak yang vakum, otomatis kita sebagai pemandu harus bisa membuat pancingan yang sekiranya dapat menjadi alat untuk terjadinya proses pembelajaran.
Hmm... kalau masih permasalahan sekitar proposal dan LPJ, itu sudah biasa. Tetapi kenapa sekarang aku terpikir untuk menanamkan substansi dari program yang mungkin banyak tertinggal. Sudah ku obrak-abrik browse Google, tapi belum juga ada ide yang muncul. Sebetulnya di dalam pemikiranku, aku ingin mengajak UP Sosial untuk dapat bersama-sama mencari atau menciptakan kegiatan sosial yang bermanfaat di desa dan sangat berkelanjutan. Aku ingin mengajak UPS bersama-sama berpikir dan merefleksikan kembali kegiatan sosial yang telah dan pernah dilakukan di desa/kelurahannya. Nah, ini menjadi masalahnya, aku masih tidak tahu umpan apa yang harus aku pakai... Huaaaaahhhh!!! sebeeel!!
Any body.. please help me.... hehehehehe

No comments: