Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Saturday, May 8, 2010

Ke-07 : Just Do The Best U Can to do

Sabtu, 8 Mei 2010

Alhamdulillah ya Allah, akhirnya hari terakhir OJT open menu UPS dapat diselesaikan. Walaupun tadinya cukup kecewa karena yang datang hanya 3 kelurahan dari 5 kelurahan/desa yang diundang. Tapi aku cukup bahagia.
Hmmm... OJT Open menu, adalah kegiatan yang lebih aku fokuskan untuk lebih meningkatkan kapasitas dari UPS. emang sih, sebetulnya jujur aku masih kurang paham tentang substansi dari OJT Open menu, tapi mau bagaimana lagi, "JUST DO THE BEST YOU CAN TO DO". Tak tahu betul atau salah, kegiatan ini aku buat menjadi menggunakan metode FGD (Foccus Group Disscution). Dan aku cukup puas, karena dari 3 UPS masing-masing kelurahan beraktif ria untuk saling shearing pengalaman dan kegiatan yang telah dilakukan. Memang sih, jadinya seperti pengakuan dosa. Sebagai mderator, aku ajak mereka untuk meihat sekilas perjalan PNPM-P2KP dari tahun 2007 sampai dengan sekarang. Hiks... semua bersedih, karena memang ada juga kesalahan-kesalahan yang dilakukan. terutama dalam penentuan program yang tidak terlalu ditelaah keberlanjutannya. Dan aku juga sangat menyesal.... :(
Tapi, Yup... kita harus melangkah, Belejar dari kesalahan lebih baik dari pada tidak sama sekali. Jadi tadi dengan semangat ibu-ibu UPS mulai untuk membuat RKTL kegiatan yang benar-benar dibutuhkan di kelurahan/Desa dan harus juga berdasarkan kebutuhan untuk penanggulangan kemiskinan.
FGD kita sangat santai, kadang kita selingi dengan bercanda, hmmm.. kayak rumpian ibu-ibu.. hehehehehe. Tapi Ayo berjuang UPS... aku yakin kita bisa bersama berperan dalam penanggulangan kemiskinan... Merdeka!!!!!!

No comments: