Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, June 14, 2010

Ke-15 : Mulai Dengan Blogger.com

Senin, 14 juni 2010

Aku menjadi seorang Blogger kurang lebih sudah 2 tahunan jauh sebelum aku mengenal yang namanya facebook. Jujur kukatakan, aku bukanlah seorang blogger yang hebat, karena aku hanya menjadikan blog ku sekedar untuk curhat-curhat saja, hehehe.
Entah kenapa, walau aku juga sekarang menjadi facebooker, tapi aku tetap tidak bisa meninggalkan dunia blog, karena aku merasa menjadi blogger itu mempunyai sebuah nilai lebih dari pada sekedar update status dan koment status. Hmmm karena itu sekarang aku mulai mengajak sobat-sobat ku untuk mengenal juga dunia blogger, yuukk sekarang kita coba buat blog ^_^ .

Langkah-langkahnya menbuat blog di blogger.com:

1. Masuk ke Blogger.com

Ketik URLwww.blogger.com pada browser kamu. Akan muncul halaman depan dari blogger.com dalam bahasa Indonesia. Kemudian Klik tombol "Buat Blog" untuk memulai.
















2. Buat Akun Google

Isi formulir untuk membuat akun google yang baru. Kamu harus sudah mempunyai e-mail terlebih dahulu. Jika sudah lengkap diisi, klik " Lanjutkan" untuk meneruskan proses pembuatan blog.




































3. Pilih nama blog

Pilih judul dan nama blog yang akan kita gunakan. Jika sudah lengkap diisi, klik "Lanjutkan"untuk meneruskan proses pembuatan blog. (jangan lupa alamat url yang dibuat, dicatat ya... ^_^ )





















4. Pilih Template

Pilih template yang sudah disediakan oleh Blogger.com sebagai tampilan blog kamu. Check pada template yang diinginkan kemudian klik "Lanjutkan" untuk memproses pembuatan blog.


























5. Mulai Nge-Blog

Jika proses berhasil, maka akan muncul ucapan Blog anda sudah jadi. Klik "Mulai Blogging" untuk menulis blog post pertamamu.














Akan tampil ruang posting seperti saat kita compose e-mail. Mudah saja, tulis judul posting dan isi apa yang kamu ingin bahas untuk posting pertama kamu. Isi label untuk posting dengan kata-kata yang menggambarkan isi posting-an kamu (misal:kuliner, liburan, berita, dll)





















Untuk mengatur editing pada post kamu, perhatikan icon-icon berikut:




































Gampangkan, jika sudah selesai menulis, klik "terbitkan entri" untuk mulai meresmikan blog pertama kamu. Jika proses berhasil, kita akan diminta klik "lihat blog" untuk melihat wajah blog pertama kita.














Selamat!! Kamu sudah resmi menjadi seorang Blogger! ^_^

No comments: