Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Saturday, August 7, 2010

Ke-03 : Desa ku Membangun

Sabtu, 7 Agustus 2010

Pagi ini Curup diguyur hujan, sebetulnya dari semalam sih., hehehe, Hmmm... langsung saja aku mengeluarkan ajian mumpung ku. karena sudah rada bingung mau cerita apa tentang kegiatanku kepada sahabat-sahabat, jadi kali ini aku berbagi foto-foto tentang pembangunan di desa/kelurahan dampingan ku saja ya.. ^_^


Desa Air Merah
Pembangunan drainase oleh KSM Stia Kawan yang hampir mencapai selesai 50%

Desa Air Merah
Selain melihat siring, seperti biasa aku juga suka mengamati kehidupan masyarakat, seperti dua ibu ini yang baru pulang dari kebun

Air Merah
Nah loh, bakal calon buah kolang-kaling ini juga menjadi sasaran bidikan kami, huaaah... jadi terasa buanget hampir suasana Ramadhan

Desa Air Meles Bawah
Pembangunan jalan Bukhori yang tidak pernah kering akhirnya dilakukan, dan dalam tahap pembangunan badan jalan

Desa Air Meles Bawah
Tidak hanya bapak-bapak pekerja yang beraktifitas, anak-anak juga merasakan bahagia karena bisa bermain gerobak sorong, hehehehe

Desa Duku Ilir
Pembangunan Pelapis tebing hampir memasuki 50% selesai, ada cerita unik juga dibalik pembangunan pelapis tebing ini. Pekerjanya hampir baku hantam karena pekerjaan yang dibagi menjadi lahan-lahan dan medan pekerjaan yang berat, tapi Alhamdulillah sekarang semua sudah terselesaikan.

Desa Duku Ilir
Ketika ku memandang pekerjaan pelapis tebing, sahabatku Bowo-Fasilitator Teknik men-shout kamera, hehehe.. katanya ini foto untuk menggantikan foto profil ku di Facebook yang dipinggir danau ^_^.

Desa Duku Ulu
Pembangunan jalan usaha tani di desa ini membuka lahan perkebunan kopi

Desa Duku Ulu
Pekerja sedang memasang batu untuk badan jalan

Desa Duku Ulu
Bidikan kamera pun ke anak-anak yang tinggal di daerah pembangunan jalan

Desa Duku Ulu
Karena mengejar agar pembangunan bisa selesai sebelum bulan Ramadhan, pembangunan pun dilakukan dari dua arah yang berbeda, dan akhirnya bertemu di titik tengah

Desa Duku Ulu
Dengan semangat, tidak hanya kaum laki-laki yang berperan dalam pembangunan jalan usaha tani ini, ibu-ibu pun tidak mau ketinggalan membantu dengan membawa batu dan pasir ke lokasi pembangunan

Desa Duku Ulu
Popon-Faskel Teknik sedang memberi pengarahan

Desa Duku Ulu
Aku pun tidak mau ketinggalan narsis dan mengabadian jalan yang belum dibangun

Kelurahan Sidorejo
Disela-sela kegiatan BLM tahap-1 anggaran 2010 yang berproses. Kegiatan Sosial Berkelanjutan dari anggaran tahun 2008 dikelurahan ini juga berjalan. Seperti biasa setiap tiga bulan sekali dilakukanlah santunan untuk kaum Jompo

Kelurahan Sidorejo
Ketua KSM, Yunda Atikah menyerahkan santunan

Kelurahan Sidorejo
Untuk kaum jompo yang tidak bisa hadir dipertemuan, santunan diantarkan langsung ke rumah-rumah.


22 comments:

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Aku suka foto yang ke-2 n ke-13 yang menggambarkan semangat dari seorang wanita..^_^

Foto ke-5 jadi mengingatkan aku waktu kecil...hehe

( Btw, oke juga kak foto profil pinggir danaunya jadi foto pinggir sawah :))

harto said...

semoga desanya nambah maju n sukses

sebentar lagi Ramadhan datang niiih...
Mari kita sambut Ramadhan dengan iman. Kita genggam tarawih dengan gigih. Kita peluk tadarus dengan tulus. Kita belai sahur dengan Syukur. Kita sayangi puasa dengan banyak Do’a dengan sepenuh hati dan jiwa raga, semoga Istiqomah. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM MOHON MA’AF LAHIR dan BATHIN

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...kayaknya pembangunan desa besar2an nih, ikut doain deh semoga pembangunannya lancar. Eh...tapi ada jalan yang tak pernah kering ya, berarti warga salah pilih tanah untuk jalan tuh...mending disitu ditanami tanaman...hehe

Salam hangat & sehat selalu...

etam grecek said...

wah desanya sdang di buat jalan....
semoga dengan adanya jalan roda perekonomian jg smakin maju.....
emang top dah nh fasilitatornya... semoga profosalnya cair terus...

tiwi said...

woww aktivitas out trs nih sista....hebat euy...trs berkarya membangun desa...he3...,btw ntar puasa kirim kolang kalingnya ke surabaya ya...he3,piss...ak tunggu pict selanjutnya....semangat!

WONG SIKAMPUH said...

Berkunjung sing miss nyun sambil ikutan nyemak artikel mu

Ferdinand said...

Wah bagus tuh pembangunan desa.... klo ga dikasih drainase bisa terancam longsong kan klo hujan..... Jalanannya juga ikut diperbaiki ya hhe....

aduh sayang koneksiku lagi parah jadi ga bisa ng'liat fotonya sampe abis hhe... yg dibawah2 ga kebuka2 hhe....

Semangat n met akhir pekan Ya,..

gardoe djaga jogja said...

cuma ini yang bisa kukatakan: pingin!

blogger admin said...

aku jadi terharu, mudah2an desa menjadi kuat dan memang sebenarnya adalah yang kuat

o0z said...

Wah pembangunannya bagus banget sis, eh itu jalan yang ada foto kamu itu mau di aspal nggak? kalau di aspal bagus tuh....

Nyayu Amibae said...

>> Dik Nila : trims sudah jadi komentator pertama,, hehehe, keep smile

>> sob Harto : trims sudah berkunjng ke cerita hujan, dan marhaban ya ramadhan juga... ^_^

>> Noor : hahahaha.. idenya bagus tuh, klo kita malah ada wacana kenapa tidak dijadiin kolam ikan lele saja...trims sarannya ntar kita sampaikan ke desa, xixixixixi

>> Grecek : wuaaah....jangan dulu proposal, mesti buat laporan pertanggung jawaban dulu.. hehehe

>> sista tiwi : kolang kaling siap dikirim, hmmm pohonnya juga ga sis?? ^_^

>> wong sikampuah : trims kunjungannya.. ^_^

>> Ferdinand : tetap semangat.. smoga koneksinya cepat lancar ya.... ^_^

>> Pak jaga gardu : yuuuk ikut ami ke desa ^_^

>> sob Hendro : trims kunjungannya, n tetap semangat dan kuat ^_^

>> Sob O0z: maunya sih di aspal, tapi dana tidak memngkinkan jadi hanya batas pengerasan dulu... yang penting hasil tani bisa diangkut pake motor tidak mesti di pikul terus.. keep smile

>>> All : selamat berakhir pekan ^_^

TRIMATRA said...

foto2nya negeriku banget nih...
potret kerukunan desa yang kian langka..

ariefborneo said...

Met pagi sob...wah ane suka tu sma smua pict yg diatas..semoga sukses selalu sob

perawatan ac said...

semangat kebersamaan warga sekitar tampak antusias sekalli dalam rangka pembangunan jalan itu yahh..btw foto nya belakang doang tuhh wkwkkww

Bali Villa said...

Ikutan kerja bakti yah?
bagus tuh,
wah pembangunnya panjang sekali, semoga targetnya bisa tercapai yaitu selesai sebelum ramadhan. biar kalo puasa ramadhan sudah bisa tenang. hehe..

CORETAN HIDUPKU said...

Wah, indah sekali ya desanya. Semangat kegotongroyonngannya masih sangat kental dalam pembangunan jalan tsb.

Sang Cerpenis bercerita said...

moga cepet selesai ya pembangunannya.

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Kak...mohon maaf lahir dan batin ya kalau ada salah dalam berkata-kata...met menjalankan ibadah puasa dan sekali maafkan aku ya.. :)

Rubiyanto said...

Semoga akan terus berlanjut dan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya.

om rame said...

jadi teringat, duLu beberapa tahun LaLu saat memberikan sosiaLisasi mengenai penerapan PLTM di desa ciLeLes banten (baduy Luar). tempatnya peLosok banget dan kaLau maLem geLap guLita pLus banyak uLarnya.
semoga pemerataan pembangunan dapat dirasakan seutuhnya oLeh kaLangan masyarakat pedesaan, sehingga tercermin kebahagiaan seperti anak-anak yang sedang bermain gerobak dorong.

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

waa...kemarin pamit nggak ngeblogtapi tyt masih rajin juga ya :) bravo bi'

btw postingannya keren nih, semacam essay foto :) mantaps

triz said...

hasil jepretannya bagus... kameranya pasti bagus... hehe