Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Tuesday, November 2, 2010

Ke-01 : Piramida Kondisi Manusia

Selasa, 2 Nopember 2010

Huft... ternyata pelatihan F5 ku baru berakhir hari minggu kemarin (nambah satu hari karena langsung menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut-RKTL). Dan pelatihan ini benar-benar membuat otak dan pikiranku kembali refresh, walaupun ada suatu hal dan suatu sebab yang masih sering aku sangsi kan....

Banyak sekali refresh ilmu yang aku dapat di pelatihan, baik itu dari pemandu, maupun dari sesama peserta. Seperti ilmu yang satu ini aku dapat dari Kak Puji Hartono-asisten Korkot Infrastruktur. Ilmu apa sih?

Biasalah, aku ini seorang yang suka mencontek, dulu aku mencontek materi yang di pandu oleh Kak Puji ketika di Desa Air Merah, dan aku coba terapkan dan sampaikan di Kelurahan Air Bang, hiks... ternyata ilmu yang aku contek pada saat itu ga beresss...wkwkwkwk.

Nah, pada saat pelatihan F5, tidak sengaja aku duduk bersebelahan dengan Kak Puji, jadi tidak sengaja kita akhirnya membahas tentang materi yang aku sampaikan dulu (eiittsss... hal ini jangan dicontoh ya, masa lagi pelatihan malah bahas hal lain, kan kasihan yang memandu, hmmm.. tuk Pak Umar-Korkot, Peace Man..!!! wkwkwkwkwk).

Materi apa sih? Begini ceritanya....

masih, berkelut dengan masalah yang namanya "Kemiskinan", sesuai dengan tujuan kita bersama sekaligus merupakan tujuan program untuk berusaha menjadikan masyarakat yang TIDAK BERDAYA kemudian menjadi BERDAYA, terus menjadi MANDIRI dan akhirnya MADANI, pastilah hal pertama yang menjadi refleksi bersama adalah posisi/kondisi manusianya saat ini. Apakah sudah masuk poin berdaya, mandiri, madani atau malah belum berdaya?

Nah, untuk merefleksikan dan membahas hal ini, aku mencoba membuat 4 pilihan berikut, yuuk.. sobat-sobat ikutan.. ^_^

Pilihan Pertama

Nah, dipilihan pertama ini, adalah kondisi dimana masyarakat khususnya manusia yang paling besar masih berada ditingkat tidak berdaya. Dari piramida di atas, dimisalkan dalam persentase, tingkat tidak berdaya bisa jadi 40%, berdaya 30%, mandiri 20% dan madani 10%.


Pilihan ke-2

Jumlah Tidak berdaya = Jumlah Berdaya


Pilihan ke-3

Jumlah masyarakat Berdaya = Jumlah Masyarakat Mandiri


Pilihan Ke-4

mayoritas masyarakat berada dalam keadaan madani


Ketika diberi 4 pilihan ini, masyarakat wilayah dampinganku kebanyakan memilih pilihan pertama untuk menggambarkan kondisi sumber daya manusia kita. Hmmm... kalau menurut sobat sekalian, kita (manusia Indonesia) masuk ke kondisi dimana ya?

12 comments:

Ferdinand said...

hho.... nyontek mah gpp ... orang jepang aja produknya nyontek semua... tapi akhirnya malha produk mereka yg lku hho....

Eum kita masuk yg mana ya? aku juga bingung nie klo disuruh milih.... biarin yg lain deh yg jawab aku mau mikir dlu hhe...

Happy blogging n semangat :P

Djangan Pakies said...

waduh dari tadi mau koment susah karena diberikan PR. Kondisi masyarakat yang ideal seharusnya yang ke 4. Kalo kondisi Indonesia saat ini yang ke 2 kali ya hhhh

susaaahh lariiii ada hujan deras ditambah petirrrr

Sukadi Brotoadmojo said...

Saya pikir kita masih dalam kondisi yang tidk berdaya, masalahnya kita hanya bisa nurut saja sama kebijakan yang kadang tidak bijak... ha.ha.ha

Belantara Indonesia said...

aku kok ndak konak..eh konek ya yuk ttg artikel ini..hueheue..jadi kliatan oon aku.....:)

tiwi said...

asswrwb....hmmm, sebenarnya bnyk org indo yg berdaya dan mandiri, tp...entahlah kok kondisi negara kita jauuh dibanding negara2 tetangga kita, apakah krn terlalu bnyk penduduknya???bisa jadi, krn makin sulit ngaturnya, tapi..di Cina penduduknya buanyaak tp kok ya perekonomian mkn maju mendunia..huaahh..., auk ah gelap, lbh baik mulai memperbaiki pribadi aja spy paling gak diri bermanfaat bg org lain, syukur2..(mudah2an..) bisa jg membuka lapangan kerja u bnyk orang...Amin.

Lone Fighter said...

pgenx seh no 4, tp keqx kta bih cndrung k no 1 deh...

Ferdinand said...

Pagiiii... aku dataangggg.... wah masih dikasih pertanyaan yg ini ya hhe.. au idem sama kang pakies deh hhe.... lagi sibuk yach???? met aktivitas.... :P

Nyayu Amibae said...

All : trims... dah singgah... maaf ya, aku jarang bw, lagi rada sibouk di urusan offline...tetap semangat!!! ^_^

Lusi said...

Silaturrahmi

Ferdinand said...

Siank.... Owh... lagi sibuk urusan Offline nie.. pantes postingannya blum update hhe... klo gtu semangat :P

pakde sulas said...

pakde jadi ikut mumet memikirkan yang ini, pilih yang mana ya?

lampung way kanan said...

salam kenal buk Owh... lagi sibuk urusan Offline nie.. pantes postingannya blum update hhe... klo gtu semangat :P