Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Sunday, February 20, 2011

Plant Design / Pra Rencana Pabrik Kimia (bagian-3 Habis)

16 Rabiulawal 1432 H
Minggu, 20 Februari 2011

Assalamualaikum sahabat-sahabatku, hehe,, aku jadi minta maaf nih, ketika ku lihat para sahabat pada bengong dan bingung lihat dua posting ku terdahulu. Memang tidak biasa sama sekali, aku juga buatnya pake ngingat-ngingat masa lalu, maklum sudah kelamaan ga kepake ilmunya, hmm.. aku anggap saja review sebatas mana aku ingat,, hahaha (untuk sista Tiwi, hayooo... bantu akuuu!! iki loh, tentang TA kita.. wkwkwkwk).

Wah.. wah.. sob DJ-Nand dan sob Brigadir Kopi juga tahu ya??? hebaat!!! mohon kritik sarannya ya, kali aja aku lupa.. wkwkwk... untuk dik Tito... tenang dik, kalau soal pencemaran, itu biasanya dilakukan oleh pabrik-pabrik yang nakal, nah di dalam Tugas Plant Design ini kita diminta untuk merancang pabrik yang betul-betul baik.. limbah, biasanya diusahakan untuk direcyle (daur ulang) menjadi produk tertentu, yang bermanfaat atau kalau tetap tidak bisa akan diolah sedemikian rupa sehingga ketika dibuang ke aliran air tidak menyebabkan pencemaran, hahahaha. Oh ya, untuk sista ami, hehehe,, bukan pemprograman sis, hanya perancangan saja... ^_^

Halaah.. malah kirim salam kayak di radio, ayo lanjut...

Langsung saja neh, kita meluncur ke:

 Bab Keempat : Neraca Bahan dan Neraca Panas
Nah, Bab ini adalah Bab yang sangat sulit untuk diceritakan, karena aseli semuanya full hitungan, baik itu perhitungan Neraca Bahan dan Neraca Panas (ini juga yang menjadi faktor tuh TA jadi super tebal, hhaha). Hitungannya adalah bentuk analisa dari perjalanan bahan baku yang direaksikan pada satu persatu alat. Dan hitung-hitungan ini harus balance (seimbang) antara Input Bahan/Panas yang masuk ke alat dengan output Bahan/panas yang keluar alat. demikian terus menerus dari alat yang satu ke yang lain sesuai flowsheet. Untuk literatur sebetulnya semua literatur bisa dipakai, hmm.. tapi yang paling terkenal dan sering dipakai adalah buku: 
  • Mixing Principles and Application - Nagata S
  • Chemical Engineer's handbook - Perry, J.H
  • Chemical Process Industry - Shereve, R.N
  • Introduction to Chemical Engineering Thermodynamic - Smith J.M dan H.C. Van Ness
  • Chemical Reaction Engineering - Levenspiel, O
  • Mass Transfer Operation - Treyball, R.E
Bab Kelima : Utilitas
Untuk membantu terlaksananya operasi pabrik, maka diperlukan unit utilitas yang menyediakan dan mendistribusikan kebutuhan pabrik, seperti air, steam, dan listrik.
Bab ini berhubungan langsung dengan neraca bahan dan neraca panas pada bab sebelumnya. Kalau tuh Bab empat sudah lewat, artinya sudah 65% dari tugas akhir selesai, karena Bab lima hanya mengikuti dari proses yang di lakukan di bab empat.

Bab keenam : Spesifikasi Peralatan
Nah, untuk bab ini juga sangat-sangat harus diperhatikan. Karena berhubungan dengan proses, alat yang akan dibuat harus memenuhi spesifikasi kelayakan yang sedemikian rupa, sehingga reaksi dan jalannya proses menjad aman dan lancar. Yang paling diperhatikan dalam menghitung spesifikasi alat adalah: Jenis alat (karena satu alat biasanyaterdiri dari beberapa jenis, maka harus benar-benar memilih sesuai dengan proses), Densitas, kapasitas, tinggi, diameter, tebal dinding, dan bahan kostruksi. Untuk perhatian.. bab ini juga mengambil peran kedua mempertebal TA kita, hahahahha.

Bab Ketujuh : Organisasi Perusahaan
Nah,, nah,, dalam bab ini, peran mata kuliah ekonomi teknik kimia, manajemen industri, dan sebagainya berperan penting sekali. Yang harus dijelaskan adalah:
  • Bentuk Perusahaan
  • Struktur organisasi 
  • Tugas dan wewenang masing-masing bagian dalam struktur organisasi
  • Sistem kerja, berapa hari pabrik beroperasi dalam setahun, berapa jam dalam sehari, dan juga menentukan waktu shift karyawan
  • Penentuan jumlah buruh, biasanya menggunakan literatur Vilbrandt & Dryden.
Bab Kedelapan : Analisa Ekonomi
Masih berurusan dengan materi perekonomian,  dalam bab ini kita diminta untuk memberikan gambaran umum layak atau tidaknya pabrik didirikan. Parameter yang digunakan untuk menentukannya adalah :
  • Keuntungan (Profitability)
  • Lama waktu pengembalian modal (Pay Out Time/POT)
  • Laju pengembalian biaya (ROR)
  • Total modal akhir
  • Break Even Point (BEP)
Untuk jelas tentang hitung-hitungan dan grafiknya, hayoo.. buka lagi buku-buku ekonomi Teknik Kimia, hahahahaha... (ngeles,, gara-gara rada lupa)
Bab Kesembilan : Kesimpulan

---

Demikianlah gambaran secara umum tentang apa itu Tugas Plant Design, semoga bisa bermanfaat ya,,,  ^_^, hmmm.. sista  tiwi, masih ada yang ingin ditambahkan? monggoooo.. tapi jangan reaksinya jadi resep kue ya,,, wkwkwkwkwkwk

6 comments:

phipien said...

Asalaamualaikum Amibae
dahsyat sekali ulasannyaa, nanti kalau saya mau bangun Pabrik AC mo minta tolong di buatin yahh hehehe

tiwi said...

asswrwb...bag nrc bahan n nrc panas ini nih yg bikin... revisi trs...wkkwkwk, ampun deh, xixi

Djangan Pakies said...

wah penjabarannya mendetail, dan Pakies cuman membatin, apa ya itu .... (berlagak pilon, emang ndak ngerti)
Wah Kalo Boss Ipin's jadi mendirikan Pabrik AC, aku mo nglamar jadi Direkturnya hhhh

Edo said...

Waduh, ga paham aq...,

numpang lewat aj ya...,
n.nv

Masbro said...

Kunjungan perdana langsung ada suguhan Plant Design,,Langsung noleh kiri kanan; Nggak paham, hehe..
Salam persahabatan aja kalo gitu Mbak;

tito Heyziputra said...

Hahhahaha klo ngajakin mbak tiwi mah, skrang semua serba resep kue... biasa kan udah jg IRT.

iya nih, aku ga terlalu paham. karena jurusan ku ga ksitu. Jadi nambah ilmu baru aku nih, maen2 ksini. Seebenarnya mirip dengan grandDesain klo aku mw ngerjain Software, pake analisis2 kyak gini juga namanya "Rekayasa Perangkat Lunak"..

hehehe, siip deh kak smoga rancangan nya bebas polusi dan tidak merusak lingkungan. Go green..
karena skrang udah ga global warming, tapi global Heating..

salam smangat,,,