Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, September 12, 2011

Aku dan Facebook

Hari gini, ada kah diantara sahabat yang tidak kenal dengan yang namanya Facebook? Aku rasa semuanya kenal walau mungkin ada sebagian dari sahabat yang tidak terlalu memperhatikan atau mengikuti si jejaring social yang konon kabarnya bakal tergantikan oleh si google+ ini.

Awal aku mengenal si Facebook dulu rada terpaksa gitu? Gubraak!! Ya iya karena terpaksa mengikuti jaman, abis rada bete sebab dulu setiap aku chat di Gtalk atau Nimbuzz mesti yang ditanya “alamat FB-nya apa?” hahaha,, ya sudah dengan sedikit esmosi ya aku buat juga deh akun di Facebook. Awalnya teman-teman Facebook ku hanya seputar teman-teman fasilitator di Provinsi Bengkulu, itu pun tidak semua, karena tidak semua fasilitator ternyata hobby duduk berlama-lama menatap si layar monitor hanya untuk berbagi status atau komentar.

Lamban laun, teman-teman ku di Facebook semakin berkembang, baik itu karena aku yang nge-add atau mereka yang minta di confirm tapi tetap dengan catatan aku harus mengenal asal usul dan latar belakang mereka terlebih dahulu, seperti dari mana, temannya siapa, dan lain sebagainya yang aku anggap cukup menarik, kalau tidak aseli aku rada malas, karena menurutku apa gunanya beribu-ribu teman yang tercantum di Facebook tapi tidak di kenal, hualaah  untuk apa coba? Koleksi kah? hehehe….

Sampai dengan hari ini, aku selalu menjadi pengunjung tetap si Facebook setiap hari (tetap dengan catatan-kalau ada waktu luang) entah itu menggunakan koneksi hape atau kompi, entah itu hanya sekedar menjadi pengamat, atau ikut nimbrung bercanda dengan para sahabat dan teman.

Facebook bagi ku sangat bermanfaat untuk menjalin tali silaturahmi dengan teman-teman yang sudah lama tidak ketemu karena pekerjaan dan tempat yang sudah berbeda-beda. Dan satu lagi, aku sering sekali memanfaatkan facebook sebagai tempat sheare, entah itu sheare tentang pribadi (kalau yang ini seringnya pake inbox-red) atau tentang yang namanya dunia pemberdayaan. Setiap sosok sahabat ku di facebook memiliki arti dan kesan masing-masing bagi ku, baik sebagai motivator atau inspirator untuk berbagi ilmu dan pengalaman dan canda.

By the Way any Way bus Way… Bagaimana Facebook menurut sahabat Blogger?


8 comments:

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Ning,
FB memang mampu menyatukan silaturrahim dalam segala usia dan lapisan dan dengan itu tiap muncul banyak kebiasaan kebiasaan baru.
Kata sahabat saya, kalo di Mekkah orang banyak yang pegang tasbih kemanapu dia pergi, tapi kalo di sini orang cenderung pegang hape apapun yang dilakukannya, bukan dzikir tasbih tapi dzikir hape.

Kalo saya sudah lama ndak aktif nyetatus, paling banter titip link postingan aja.
Malah sekarang banyak blogger yang nongkrong di Google +

DuniaPiyen said...

sama juga kalau aq gunakan facebook untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman lama, tapi bagi yang gak kenal jarang ditambah ....

Awaluddin Jamal said...

facebook yah ? itu jenis makanan apa yah PLAK !!!

he he, hampir sama dengan mbaknya, saya juga terjebak di FB karena ikutan trend, eh sampai sekarang malah terjebak dan sulit buat keluar lagi, kalau sehari gak buka kayak ada yang kurang, ha ha .

facebook kalau menurut saya buku yang berisi muka, atau muka yang berisi buku yah ? :D

salam

pri crimbun said...

ia ane juga dah lama kali gak update status fb... sekarang fb dah jadi nompang link blog aja... sesekali cari inspirasi...

♥chika_rei♥ said...

mbaa apa kabar
sudah lama chika gx kesini

kalo bagi chika facebook itu media chika untuk menulis^^
karena banyak lomba disana heee
jadi banyak dapet info lomba nulis

Geafry Necolsen said...

facebook terlalu membosankan.
kalo dipake chating jg lemotnya ampun2.
aku sudah lama ga buka facebook.

loginnya juga lambat.
kalovsoal kecanggihan sebnarnya lebih canggih friendster,
user bisa injeksi script sendiri, di facebook kita ga bisa berkreasi selain chating, ganti status ato poto yang ga penting2 banget.

Ferdinand said...

Sore Sob... :)

Aduh aku udah setengah tahun gak buka2 facebook jadi gak gitu ngikutin perkembangannya hhe.. maklum lebih manfaatin waktu untuk ngeblog ketimbang untuk Chat yg gak ada habisnya di Facebook, jadi ya mending tak biarin aja lah, tapi klo G+ InsyaAllah masih tetep Connect sama HP soalnya lebih suka2 klo gak mau dibaca orang pun bisa dialihin kan circlenya hhe... Ami punya Akun gak di G+?

jodota said...

buat saya facebook tetep lebih baik dibanding situs jejaring yang lain.. :)