Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, January 26, 2012

Pelatihan Masyarakat

Selamat pagi sahabat... tulisan ku kali ini hanya sekedar untuk mencoba membuang aura negatif malas buat posting yang mulai melanda di blog ini. Hmm.. karena tidak punya ide sama sekali untuk menulis, maka aku nulis tentang kegiatan ku saja ya..

Sudah kurang lebih 3 mingguan ini team ku disibukkan dengan kegiatan pelatihan masyarakat. Ada 7 item pelatihan ini yang semuanya mesti deadline pada bulan Maret 2012, hmm.. kalau mau dihitung-hitung, maka 7 item pelatihan untuk 7 desa/kelurahan dampingan, wooww... lumayaaaaan! 

dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) tahun 2011 yang cair akhir Desember 2011 juga pemanfaatannya di deadline pada bulan Maret 2012 juga,, hualaaaah.... mau ngeluh kayaknya ga ada gunanya, so nikmati dan jalani saja sesuai kemampuan. Sebetulnya bulan Desember kemarin team ku berencana melakukan kegiatan secara paralel (alias bersamaan), artinya team yang berjumlah 5 orang dibagi menjadi 2, jadi dalam satu waktu bisa menyelesaikan pekerjaan di 2 desa/kelurahan sekaligus. Tapi ternyata, Rencana tinggal rencana, seperti pepatah, "Manusia Berencana, Allah yang menentukan", dikarenakan Fasilitator CD team ku seorang mengundurkan diri akhir desember 2011, maka anggota team sekarang hanya tinggal 4 orang, artinya kami tak mungkin mem-paralel kegiatan pelatihan, karena mesti jaga-jaga, tidak hanya kegiatan pelatihan yng mesti berjalan, kegiatan Pemanfaatan BLM yang berlangsung di masyarakat juga mesti ada kontrol nya.


ok next...
Hmm.. sob, jujur saja, Kegiatan Pelatihan Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang paling aku suka dalam program ini, Karena, dari pelatihan masyarakat inilah, aku bisa banyak mendapat ilmu, kenalan, dan pasti nya karena kegiatan pelatihan masyarakat, hal-hal yang menjadi sumbatan orientasi program bisa di selesaikan. 

Sebagai salah seorang team pemandu, dari hampir 3 desa/kelurahan yang melakukan pelatihan masyarakat, aku merasa sangat senang atas apresiasi dari masyarakat. Semuanya bersemangat untuk belajar, tanya-jawab berlangsung meriah, peserta pun tak sungkan-sungkan menyatakan pendapat, hmm.. betul-betul mitra belajar yang jempolan deh! 

ok, karena sudah hampir pukul 09.00 wib, dan mengingat Pelatihan Masyarakat buat aku jadi semangat, aku undur diri dulu ya,, biasa.. pergi ke ladang,, untuk menemukan banyak mutiara yang tertutup lumpur dan sering tidak terlihat dimata para Bapak, ibu nggota dewan yang sudah keenakan duduk di kursi yang harganya Em.. Em.. an,,, hahahahaha.. Bye all... see U next... :)


3 comments:

Djangan Pakies said...

7 item pelatihan ? banyak amit ilmunya hhh, yan g jelas ndak ada pelatihan pencak silat kan ? hhhh. Ohya lebih enak mana di Curub dengan yang sekarang?. Tapi kalo kita mo memandang dari sisi lain, tentu ada banyak kenikmatan dari setiap tempat yang dibina. BLT itu sama nggak dengan BLM ?

choirunnangim said...

Wah pelatihan masyarakat, that's agood idea...
Aku juga pernah mengikuti keanggotaan Team Masyarakat Peduli media yang semua isinya adalah literasi media, yang mengentaskan buta dalam menilai media tv dimasyarakat..
kalo boleh tahu daerahnya man itu???
kok digambar ada rumah panggung?? seperti di daerahku dilampung saja...

Leadership Developmant Training said...

selamat siang sahabat
berbagi sedikit inspirasi pagi..^_^
"Kesuksesan itu tidak memandang siapa kita, dari mana kita, dan bagaimana kita.
Tapi kesuksesan itu hanya melihat doa dan kesungguhan kita saja.."
semoga hari ini lebih baik dari kemarin..^^
ditunggu kunjungnnya sob http://www.nolimitadventure.com/