Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, February 1, 2012

SMS

Saat membuka tirai kamar ku menghirup dengan dalam udara pagi di awal bulan Februari ini. Sejuk,,, tenang,,, bersama pemandangan bunga ungu yang bermekaran,, hmmmm.... "Terima kasih ya Allah aku masih dipertemukan dengan hari ini", gumam ku dalam hati.

Seperti biasa setelah absen menelepon emak, mengawali hari mulai ku buka lepi ku, dan seperti biasa juga Facebook dan Blog CH ini yang pertama ku buka. Tiba-tiba intro lagu "Pas Kena Hatiku" yang dinyanyi kan Pay Feat Vanya dan Irang berdendang. Sebuah sms dari nomor yang tidak aku kenal masuk, awalnya bertanya tentang kegiatan PNPM, dan selanjutnya terlihat betul kalau hanya sebuah sms iseng dari salah satu peserta pelatihan masyarakat (sudah berkali-kali ditanya nama nya tetap tidak jawab-red). Secaralah kalau setiap perkenalan sebelum memandu sebuah materi, biasanya nomor hape ku mesti jadi pertanyaan, hmm.. ku bagi saja, dengan maksud untuk kelancaran sekaligus bisa menjadi sarana atau menjembatani antara fasilitator dan masyarakat.

Oke next,,, soal isi sms yang iseng tapi bagus juga untuk menjadi bahan introspeksi pagi bisa sahabat lihat pada gambar yang aku ambil pakai webcam, kebaca ga? kebaca dong mestinya,,, wkwkwk.. (kok malah jawab sendiri-red)

Bagaimana? unik kan??? hahaha. Begini lah salah satu sisi dari kehidupan seorang fasilitator, mesti siap menerima sms atau telepon dari mana pun, kapan pun, entah itu serius bertanya  membahas tentang program atau hanya sekedar iseng. Pernah juga aku mendapat sms berbentuk ancaman, sampai-sampai mau di masuk kan ke penjara, atau juga sms yang sibuk bertanya nama lengkap, alamat lengkap, nama orang tua dan biodata lainnya yang kalau kata dia untuk syarat membuat NA, ,,hehehe, gubraak bener ya!!! :D

hmm.. berbagai macam tingkah pola masyarakat, oh ya jadi ingat waktu dulu ketika masih di Curup, jam 1 malam-an ditelepon oleh Unit Pengelola Lingkungan (UPL) yang panik mengadukan jembatan  baru saja di cor, hanyut dibawa oleh derasnya air sungai atau malah malam-malam pintu kost-an diketuk oleh sekretariat Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang datang nangis-nangis terus curhat masalah percintaannya. Hmmm.. kayak jadi konsultan multi talenta ini, karena ya begitu lah, terkadang masyarakat tidak pernah memandang fasilitator dari basic ilmu/pendidikan, tetapi ada tuntutan fasilitator harus bisa dalam bidang apapun, termasuk mesti sabar dan bisa nya senyam-senyum membalas sms yang beraneka bentuk seperti saat ini. ^_^

7 comments:

tiwi said...

asswrwb, itulah warna2 hidup, tdk sll serius, jd lbh terasa indah khan..^_*

Suratman Adi said...

Kalo gitu ntar aku bisa curhat ni ama mba ya Mbahas kenapa kepala jadi botak. Ha...Ha...Ha

choirul said...

wow... mantap banget malem-malem di sms kayak gitu ya

tetap semangat selalu

Kaito Kidd said...

short message service

Brian said...

Hahaha ada2 aja yang sms/telepon. Emang mesti sabar ngadepin mereka hehehe

Ferdinand said...

Met Sore mi... :)

Indahnya hidupmu selalu dapet pertanyaan2 isenk yg model gitu :)

klo menurutku sih dikasih hidup ya untuk hidup, soalnya yang Nyiptain kita juga gak bakal ngelupain kita deh, kita lupa sama DIA aja DIA masih inget sama kita :) apalagi untuk makan kayanya pas kita tidur pun DIA udah nyediain makan kita besok deh :) *menurutku lho ya

Apa kabar nih????

kakaakin said...

Terkadang warga mamerlukan sesosok orang yang cenderung serba bisa ya... :D