Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, October 18, 2012

Ketika Hujan

Mengamati hujan yang turun, begitu menjadi hal yang sangat indah di dalam hidup ku. Selalu banyak cerita yang tersimpan ketika hujan, semua mengalir dalam ingatan, membuat sunggingan senyum dan juga pembelajaran dalam kehidupan.

Ketika hujan, aku bisa memaknai perjalanan kehidupan yang yang seperti roda pedati, terkadang ada di atas terkadang ada di bawah.

Ketika hujan, aku bisa memaknai arti dari sebuah pilihan, memilih menjadi orang baik, memilih menjadi orang yang bermanfaat, atau sebaliknya. Hidup memang sebuah pilihan, seperti dalam menggapai rezeki dari-Nya, tersedia begitu banyak jalan untuk menggapai, dan semoga dalam kehidupan ini kita selalu memilih jalan yang diberkahi-Nya.

Rinai hujan juga mengingatkan ku akan masa-masa indah ketika masih berada di kota hujan, menggigil kedinginan bersama para sahabat kala pendampingan ke desa. Menangis haru, ketika mutiara-mutiara itu mulai menunjukkan kilap sinarnya, Menangis tersedu kala tersandung di kerikil-kerikil tajam budaya, adat, dan kebiasaan masyarakat.

Dan di sini, di kota yang merupakan surga nya minyak, gas bumi dan batu bara ini,  hujan juga menghadirkan senyum ku bersama dengan sahabat-sahabat terbaik,  bersama mutiara-mutiara  yang di rindukan bagaikan butir-butir hujan yang akan membentuk seberkas pelangi.

Selalu ada cerita tersimpan di hati ku, begitu juga tentang kau dan hujan, dan biarkan rinai hujan ini membuat ku tersenyum sepanjang hari, karena aku selalu bahagia saat hujan turun. ^_^




---------
sebuah catatan singkat ketika hujan turun di kota Prabumulih

5 comments:

Djangan Pakies said...

karena setiap tetesannya memiliki makna dan cerita. #sambil jingkrak nyanyikan lagunya Utopia

Asalkan jangan hujan air mata, hujan batubara, hujan minyak ... bisa berabe hhh

munir ardi said...

ketika hujan ah aku rindu pada seseorang yang meninggalkan hatinya tapi tak pernah datang kembali untuk mengambilnya

metrolisa said...

Musim hujan tiba semoga membawa berkah kepada seluruh semesta alam

Yayack Faqih said...

Hujan? di kampung saya belum juga turun hujaan, sampai mandi pun harus berjalan jauh ke masjid karena tdk adanya air bersih. sampaikanlah pda hujan semoga bsa cepat turun :))

samsul said...

senoga aja dengan terjadi nya usim hujan kita juga di limpahkan rejeki oleh yang maha kuasa...amiiiin