Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, November 12, 2012

Ephemera

"Kamu lihat bintang itu? bintang yang bersinar di gelap malam setelah seharian kota Palembang di guyur hujan? bintang yang mungkin tak pernah ada yang menyangka ia akan berkedip mesra di langit yang dingin malam ini, tapi lihatlah bintang itu ada,,, ia ada dengan senyum yang merekah", ujarnya dengan memalingkan wajah ke arah ku.

"Aku tak mengerti apa yang kamu kata kan? yang aku tahu, malam itu gelap dan sunyi, ada dan tak ada nya bintang itu sama saja, karena bintang hanya penghias malam yang kadang ada dan tiada", ucap ku lirih seraya memberi jawab dari pernyataan nya sambil menahan agar air mata tak akan menetes.

Sesaat kami diam, entah berapa menit berlalu kala kami asyik bercanda dalam kebisuan masing-masing. Jarum jam berputar seakan-akan meninggalkan kami dalam ruang hampa lorong waktu tak berkedip.

"Ayolah, malam tak selalu gelap dan sunyi, letakkan dan tinggalkan lah sang ephemera, jangan biarkan kamu menyesal diakhirnya nanti", ujarnya dan kemudian berdiri   mengampiri ransel nya yang tergeletak begitu saja di rerimbunan bunga dandelion.

Tak berapa lama, ia pun melangkah kan kaki nya meninggalkan ku yang terdiam bersama tarian bunga dandelion dan sang ephemera. 


Far too many emotion
that taint my soul
before my faith
and often i drown in the moment
when in the end they all ..
Ephemera
(Letto)

6 comments:

munir ardi said...

Kapan ya aku bisa merangkai kata seindah ini bahkan saya yang guru bahasa Inggrispun jadi terpana membacanya

Yayack Faqih said...

untuk beberapa tahun terakhir saya sudah jarang sekali ngeliat bunga dandelion, padahal waktu kecil sya dulu bunga tsb jadi langganan untuk di jadikan mainan anak anak.

Djangkies said...

qqq datang ngintip dua sejoli yang duduk di kegelapan malam
Walo singkat, curhatnya keren. saya 3 kali bacanya

alkatro com said...

ikut nyimak, biarpun masih dibawah umur :D
bunga dandelion, malah baru tahu namanya
tp beneran palembang hujan terus, pamanku kemarin cerita hihihi

Dhymalk dhykTa said...

wow..sangat ber seni sekali kata-katanya sampai sy harus berusaha memaknainya 3 kali...

Delia Gia GioL said...

sangatt merindukan hamparan bunga dandelion.........