Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, September 19, 2013

Pembelajaran Berharga

Lama aku memandang layar monitor sebelum aku kembali menarikan jemari di keyboard. Sejenak aku menghentikan tariannya di kalimat pertama dan sedikit berpikir akan kemana arah tulisan ku hari ini. Apakah hanya akan menjadi sebuah curahan hati belaka, atau sedikit berbobot tapi tetap tak akan pernah ada kaitannya dengan politik atau gosip yang semarak menghias tv beberapa hari ini.

Aah, aku tersenyum sendiri, bulan ini aku banyak sekali mendapat pembelajaran berharga yang pastinya tak akan terlupakan. Dan pastinya walau ada sedikit rasa kecewa tapi aku bersyukur sekali ketika Allah membukakan kenyataan yang sebenarnya, sehingga aku bisa mereview kembali planning yang telah dibuat.


Teringat sore itu sepulang dari mendampingi tim audit independence bersama askot MK. Saat itu aku menyadari kalau memang benar-benar aku orang lama di program ini. sehingga aku terlalu berpikir lurus ke depan, tanpa menyadari kalau ada persimpangan-persimpangan yang terbentuk seiring lamanya program ini berjalan. Persimpangan-persimpangan itu cukup membuat ku tercengang dan tersenyum miris sekaligus membuahkan tawa di dalam hati. Aah,, kecanggihan teknologi ternyata bisa membuat sesuatu yang baik menjadi buruk ketika disalah gunakan.

Candaan seorang teman yang mengatakan kalau aku waktu menjadi faskel kurang nakal, selalu terngiang-ngiang di kepala dan kembali membuat tertawa.Tapi, aku bersyukur sekali, akhirnya semua kenyataan ditampakkan oleh Nya agar aku bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan ku, dan membuat persimpangan-persimpangan yang terbentuk selama ini tidak melewati batas merah.

Sungguh ini adalah sebuah pembelajaran berharga yang tak akan pernah ku lupakan. ^_^

7 comments:

kolongtulis said...

pengalaman adalah memang guru terbaik. ^_^

mukherjy said...

rata-rata orang bilang belajar dari pengalaman.

keong said...

makasih atas infonya bermanfaat banget buat saya, makin sukses aja yah.

nitta said...

mantap artikelnya, bagus banget postingannya menarik

nita said...

makasih atas informasnya, kebetluan saya lagi cari artikel yang seperti ini.

keonglemot said...

terima kasih atas informasinya, kami tunggu artikelnya yang baru

dina said...

luar bisa sekali info nya sangat keren dan sangat bermanfaat
semoga sukses nya