Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, February 6, 2014

Pagi yang Dingin

Pagi yang dingin dengan sesekali terdengar ucapan "assalamualaikum" dari seekor burung beo di rumah kos ini kembali membuka lembar hari ku di kota Baturaja. Sudah genap satu bulan aku menginjakkan kaki di kota, dimana PT.Semen Baturaja yang begitu terkenal di Indonesia ini berada.

Entah apa yang aku pikirkan, tapi waktu satu bulan untuk melihat dan mendengar sepertinya sudah cukup bagi ku untuk segera melakukan sesuatu, dengan tetap berharap untuk kebaikkan. 

Kamar Kos ku di Kota Baturaja
Di kota ini, aku lihat begitu banyak mutiara yang harusnya berkilau, tetapi begitu kusam tertutup debu nan tebal. Sifat dan karakter keras kepala individu personil seringkali melemahkan keindahannya. Saling tuding menunjuk yang salah pun menjadi warna, padahal harusnya semua bersama berpikir tak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang luput dari salah.

Akankah semua bisa berpikir, bahwa kita ada untuk mereka, bukan malah mengedepankan ego individual dan melupakan mereka, semoga waktu yang menjawabnya. 

Hidup Ini

Hidup ini harus bermakna
Bukan cuma perhentian sementara yang tiada bermakna
Bukan hanya pencarian akan semua keindahan fana
Yang pasti ada akhirnya


Temukan kembali temukan kembali
Sesuatu yang sejati jauh di sanubari
Temukan lagi temukan lagi
Dirimu dirimu di dalam dirimu


Hidup ini mestinya bukan cuma peran sandiwara
Yang harus kita mainkan
Tenggelam dalam kerasnya cerita
Yang melelahkan jiwa


Dengarkan kembali dengarkan kembali
Suara-suara nurani yang lama tersembunyi
Kenali lagi kenali lagi
Dirimu dirimu di dalam dirimu
Dirimu di dalam dirimu


‘kan kau temukan jalan, kan kau temukan jawaban
‘kan kau temukan terang yang bersinar di hatimu
‘kan selalu ada damai, selalu ada cinta
‘kan kau temukan terang yang bersinar di hatimu


(Once Mekel)



1 comment:

Jaswan said...

Saya ikutan nyanyi aja deh Mbk. Hehee :)