Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, December 21, 2015

Seorang Jurnalis Mesti Hidup Merdeka Dalam Mencari Kebenaran

Banyak langkah yang tak lagi pada jalurnya. Visi, Misi di awal perjalanan  sekarang hanya tinggal kenangan yang patut untuk di kecam karena tak mampu diperjuangkan. 

Tak usahlah jauh mencari contoh, yang terdekat saja dikehidupan, misalkan kehidupan seorang jurnalis. Seorang jurnalis yang seharusnya merupakan pejuang dengan senjata penanya sekarang bagaikan kambing ompong dan tak lebih dari sapi perah bagi yang bernama industri jurnalis.  

Seorang Jurnalis semestinya hidup merdeka dalam mencari kebenaran. Menyuarakan hati nurani dari kaum yang tertindas dan teraniaya. Bukan hanya seorang pencari berita dengan mengumpulkan recehan rupiah yang berasal dari artikel yang naik tayang.

Akibatnya, seorang jurnalis yang harusnya sahabat bagi masyarakat, sekarang bagaikan setan gentayangan yang sangat menyeramkan. Berita baik bisa langsung berbalik menjadi buruk asal sesuai dengan pesanan dari yang menginginkan dan yang ber-uang,, "Bad News is a good News sekarang menjadi selogan arogan yang menutup mata hati.  

Sekarang sangat sukar ditemui seorang jurnalis sejati yang mampu berjuang di jalurnya. Menyuarakan jeritan pilu masyarakat, melebarkan sayap kebaikkan dalam goresan pena dengan tujuan mengajak pembacanya agar kembali kepada fitrah yaitu makhluk bermoral dan berhati nurani.

Jurnalis sejati walau sukar tapi pasti ada, meski harus seperti mencari jarum ditumpukkan jerami.

 *hanya catatan sebelum tidur setelah membaca pesan singkat di grup BBM - Jurnalis

1 comment:

Unknown said...

memang sulit untuk itu