Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, June 13, 2019

Inspirasi dan Pembelajaran di Galeri Biru Om Iwa K

Berkunjung dan menginap sehari di kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ternyata banyak sekali inspirasi dan ilmu yang aku dapat, khususnya di 'Galeri Biru'nya Om Iwa K.
Galeri Biru merupakan galeri seni yang beralamat di jalan Sentosa No.39 Dwi Tunggal. Walau sekarang terlihat fokus dengan media kayu, sebetulnya semua media sudah dijabani oleh Om yang satu ini, dari urusan tali-temali, semen dan apalah-apalah, yang pasti namanya ditangan orang seni semua bisa menjadi sebuah karya unik.

Bersyukur sekali, dimalam waktu menginap, kami diajarin dan boleh praktek langsung cara mengukir diatas media kaca akrilik dan kayu mengunakan alat ukir yang mirip mesin bor. Jangan tanya namanya apa ya?, lah aku baru sekali itu lihat dan gunakan secara langsung. Ada sih Om Iwa jelasin nama-nama dan jenisnya, tapi ya namanya aku cuma pasang muka takjub saja melihat peralatan lengkap yang banyaknya seabrek dipamerin, asli jadi pasang mupeng saat itu, :D.

Saat coba praktek mengukir, walau pasti ilmu yang diajarin masih seperti sebutir pasir di pantai aku merasakan perbedaan, keunikkan dan kesulitan yang kentara saat mengukir di atas media yang berbeda. Dan saat itu juga langsung kepikiran kelukisan Indian yang berulang kali aku minta untuk kenang-kenangan, Gubrak!! Om Iwa sukses lah buat aku mikir seribu kali betapa susahnya bikin lukisan Indian yang aku sangat kagumi setiap detailnya itu, pantes saja tak mau dikasi dan tak mau dijual :D

Masih banyak ilmu lain yang aku dapat, termasuk cerita pengalaman makan asem garam Om Iwa selama menjadi seorang seniman, salah satunya soal penjiplakan karya seni yang sering dilakukan oleh orang-orang yang tak bisa menghargai seni.

Terus semangat Om Iwa dengan Galeri Biru nya, semoga semakin sukses, aamiin.
Mohon maaf juga aku curi-curi berfoto, tak dikasi lukisan Indian fotonya saja tak apakan,  hahahaha, makasih.... :D

Alamat Blog Galeri Biru : http://galeribiru13iwa-k.blogspot.com/

Teras Rumah yang penuh pajangan karya seni
Pintu Galeri Biru

Lukisan Indian yang bikin mupeng

Hasil praktek  mengukir yang semerawut tak jelas bentuknya :D

5 comments:

Riza Firli said...

ini tuh iwa k yang penyanyi bukan sih :D
hahaha.. bagus juga ya bisa praktek langsung bikin ukir2an

DJ Site | Blogger Serabutan said...

Terus hasil prakteknya boleh dibawa non? Yg pake media acrylic tuh yg gede segitiga kan ya? yg kecil2 2 itu pake media apa ngukirnya? acrylic jg kah? terus masuknya bayar brp itu? #MalahJadiKebanyakanNanya hahaha...

Btw, mohon maaf lahir bathin jg ya non...
Maaf ya klo becandaku kadang kelewatan pas ngeblog ...
Terus kamu sibuk apa skrg?

Tira Soekardi said...

makasih sharingnya

Fanny F Nila said...

ini iwa K yg penyanyi ya mba? kalo dtg ke galeri2 seji gini, akupun takjub melihat hasil karya2nya. kdg suka bikin iri, pgn banget bisa membuat sesuatu yg berseni seperti itu. lukisan, ukiran, yg begitu2 :D.

sewa gedung pernikahan said...

sangat inspirasi