Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Sunday, March 28, 2010

Ke-33 : Your Job Is Not Your Career

Minggu, 28 Maret 2010

Hari ini aku habiskan lagi bersama teman-temanku, dari acara makan-makan undangan Yuli, sampai mengunjungi "Curup Square" tempat pembelanjaan di kota Curup yang baru.
Sebetulnya aku hari ini hunting sebuah buku yang berjudul : "Your Job Is Not Your Career" yang ditulis oleh Rene Suhardono. Tapi sayang, dari beberapa toko buku yang aku kunjungi belum juga dapat aku temukan buku ini, Huff... harapanku hanya pada Mumun, semoga saja dia sempat untuk ke Gramedia Bengkulu, Amiiin.
Sebetulnya aku penasaran sekali dengan isi buku yang infonya aku dapat dari bedah buku yang tak sengaja aku dengar di siaran TV One pagi tadi. Berbekal penasaran, akhirnya aku coba mencarinya di dunia maya. Ketemu!!! tapi dari PDF Mario teguh, lumayanlah, langsung saja aku download File yang ternyata hanya satu halaman itu, hmmm... aku tulis ulang ya, sekaligus untuk menghayati isinya dan menandakan hal-hal yang menurutku penting.


PEKERJAAN ANDA BUKANLAH KARIR ANDA

Hidup adalah sebuah proses untuk menjadi

Hidup adalah sebuah proses untuk menjadi-yaitu menjadi lebih baik, lebih besar, lebih kuat, dan lebih berpengaruh ; agar manfaat dari pelayanan diri kita menjadi luas dan berdampak.
Sehingga, karir andapun adalah sebuah proses untuk menjadi lebih, bukan proses untuk menikmati dan mempertahankan tingkat yang telah anda capai sekarang
Itu sebabnya, sebagai pebisnis dan profesional, kita akan sangat diuntungkan bila tetap menjaga keremajaan kemampuan kita untuk belajar, karena tujuan dan hadiah terbaik bagi proses belajar yang berkelanjutan adalah kapasitas untuk tumbuh ke tahap yang lebih tinggi.
Sehingga bila anda amati dengan teliti, kita sebetulnya diharuskan untuk menemukan keseimbangan yang cantik antara kecintaan pada apa yang kita kerjakan sekarang, dan kegelisahan untuk segera meninggalkannya untuk mencapai tahap-tahap yang lebih tinggi. Maka, wajarlah bila tidak boleh melihat pekerjaan kita sebagai sesuatu yang permanen. Anda tidak boleh melihat pekerjaan anda sebagai karir anda.

Pekerjaaan Anda Adalah Sebuah Mata Rantai

Cobalah anda jawab pertanyaan ini. Apakah anda akan mencapai puncak dari karir anda dalam pekerjaan yang sedang anda kerjakan sekarang?
Pekerjaan anda adalah sebuah mata rantai dari sebuah untaian rantai pengalaman yang membentuk keseluruhan karir anda. Maka pastikanlah bahwa setiap pekerjaan yang anda tangani menjadi sebuah mata rantai yang design-nya akan membentuk sebuah keutuhan yang meninggikan anda dikemudian hari.

Bekerjalah Untuk Melampaui Pekerjaan Anda

Sudah jelas sekarang mengapa tidak ada masa depan bagi mereka yang bekerja secukupnya?
Mereka yang bekerja sangat keras pun belum tentu mencapai yang mereka cita-citakan, apa lagi mereka yang merasa untung karena bisa mengurangkan pekerjaan, atau yang merasa menang karena bisa menerima uang lebih banyak dari upayanya menghindari pekerjaan.
Hentikanlah upaya anda untuk membuktikan bahwa pekerjaan anda sekarang adalah jenis pekerjaan yang sesuai bagi anda. Janganlah juga anda berupaya untuk membuat anda sesuai bagi pekerjaan anda. Karena anda bekerja untuk melampaui pekerjaan anda sekarang dan bukan untuk menjadi pantas di situ. Anda tidak akan naik, selama anda masih pantas di tempat itu.

Lampauilah Kaliber Anda Sendiri

Berikanlah beban kepada diri anda sendiri beban-beban yang lebih besar dari yang biasanya mampu anda pikul; yaitu beban dari mereka yang kalibernya lebih besar dari anda. Memang tidak mudah dan terkadang tampak tidak perlu, tetapi anda hanya akan pantas untuk naik kelas bila anda mampu memikul beban dari mereka yang lebih besar daripada anda.
Ciptakanlah tantangan-tantangan yang melampaui kemampuan wajar dari diri dan organisasi anda. Anda pasti setuju, bahwa unuk hal ini semangat saja tidaklah cukup. Pastikanlah bahwa anda dan organisasi anda berpikir bersama-sama untuk menemukan cara-cara yang akan mengalahkan diri anda dan organisasi anda pada kalibernya yang sekarang.

Gunakanlah strategi kemenangan kecil

Hindarilah kecenderungan untuk memulai sesuatu dengan keputusan-keputusan yang besar, yang akan menjadikan karir dan kehidupan anda langsung berubah dengan drastis. Keputusan seperti itu sangat sulit dibuat, dan kemudian terbukti juga sangat sulit dilaksanakan.
Mulailah dengan membuat keputusan-keputusan kecil yang mudah anda menangkan-yaitu keputusan yang mudah anda buat, dan yang kemudian mudah untuk ditindaklanjuti. Banyaklah berhasil, dan seringlah berhasil. Itu adalah pendekatan yang lebih baik. Bandingkanlah dengan orang-orang yang berhasilnya membutuhkan penantian yang panjang, dan kemudian membuatnya menjadi peragu dan bahkan meninggalkan proses yang sebetulnya sudah akan menghasilkan.

Terimalah, Bahwa anda tidak harus maju setiap saat

Sebuah bola bisa melanting tinggi dari lantai, hanya karena ia terbanting dengan keras. Seperti ketepel, sering kita mendapati bahwa yang tadinya kita rasakan sebagai kemunduran-justru kemudian menjadi pelontar bagi keberhasilan kita selanjutnya.

Bersiaplah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tampaknya kecil dan tidak berarti, tetapi yang penyelesaian-penyelesaiannya akan menjadikan sebuah untaian pengalaman yang bernilai bagi mereka yang anda layani.



Hmmmm... ya Allah, berilah petunjuk-Mu, untuk ku membuat keputusan yang terbaik... Amiiin...

1 comment:

Yhayhan Fauzan said...

salamu'alaikm mba'...
seandai nya sudah menemukan pdf nya...
bagi-bagi ilmu nya yah..klo ga' yah ksih tau dimn download an nya :D..