Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, April 16, 2010

Ke-17 : Perjuangan Adalah Pelaksanaan Kata-Kata

Jum'at, 16 April 2010

Tak sengaja aku menilik ke gantungan kunci si hitam, hmmm... gantungan kunci kesayanganku yang berwarna kuning itu sering memberiku motivasi bila aku melihat tulisan yang melekat di sana, "PERJUANGAN ADALAH PELAKSANAAN KATA-KATA". Hmm....sudahkan aku melaksanakan semua apa yang pernah aku katakan? itu lah pertanyaan yang sering terpikir dalam relung jiwaku bila aku melihatnya.
Ku akui memang sulit, semua orang pasti bisa untuk berkata yang baik, menyarankan sesuatu yang baik, tetapi terkadang untuk melakukannya ternyata sulit sekali. Yah... mungkin ini seperti sebuah pengakuan dosa ku, Di Desa sering sekali aku memberikan spirit untuk pelaku-pelaku pemberdayaan, padahal terkadang aku sendiri tidak dalam keadaan spirit. Yup... Fasilitator harus menguasai permainan watak, walaupun sebetulnya kita menangis, tapi pada saat sampai di desa kita harus bisa tertawa lepas seakan tak pernah ada masalah. Wah. klo gitu bolehlah kita ikut audisi jadi pemain sinetron... hehehehe
Ya Allah, terimakasih Engkau telah memberiku kesempatan untuk menjadi seorang Fasilitator, walaupun pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sangat sulit untuk di jelaskan, tapi aku tahu, ini semua kembali ke niat kita. Teringat aku perkataan Korkot 2, Pak Saiun Ngalim, bahwa menjadi fasilitator adalah pekerjaan yang paling hebat! bayangkan, kita bisa mendapatkan penghasilan dunia sekaligus menabung untuk amalan akherat, Hmmm... sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui... hehehehehe
Ayooo!! Semangat Fasilitator Indonesia!!!!!

No comments: