Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, June 28, 2010

Ke-33 : Semangat di Hari Senin

Senin, 28 Juni 2010

“We can do no great things, only small things with great love”, (Mother Theresa)

Sebelumnya aku mengucapkan Selamat Pagi dan Selamat Memulai aktivitas di hari Senin untuk semua sobat2 semuanya, I love U All!!! Tak terasa tanggal sekarang sudah masuk hari ke 28 di bulan juni, Kenangan suka maupun duka menghiasi perjalanan hidup kita selama ini. Tetapi coba kita renungkan bersama, selama ini apa hal bermanfaat untuk orang-orang sekitar kita khususnya dan masyarakat pada umumnya yang telah kita perbuat?

Mulailah dari lingkungan terdekat
Bencana tsunami di Aceh, bahkan amukan Katrina di Amerika Sana, pastilah mengetuk rasa kemanusiaan kita. Tapi sebelum kita berpikir untuk langsung pergi ke sana, cobalah lihat disekeliling, adakah yang membutuhkan uluran tangan kita? Karena kadangkala kita sering tidak menyadari hal-hal yang sebetulnya ada di sekitar kita, misalnya: Coba sedikit kita lihat ke halaman, sudah bersihkah halaman rumah kita, atau yang agak jauhan, kita lihat kondisi tetangga kita, adakah yang membutuhkan pertolongan kita? (Boleh sih kalo halaman rumah kita sudah bersih, geser dikit ke halman rumah tetangga, kalo semua orang sudah menjadi seperti kita, besar kemungkinan komplek rumah kita akan kelihatan bersih dan asri, dan coba juga kita renungkan kalau semua bisa seperti kita, pasti deh sampah di Indonesia menjadi sesuatu hal yang langka dan bisa dipastikan akan punah, hehehehehehehe)

Lakukan Sesuai kemampuan
Tak perlu memaksakan diri. Kita adalah pihak yang diharapkan membantu, bukan justru menambah beban. Bila tak kuat berhadapan dengan darah, misalnya, tak usah memaksakan diri untuk membantu korban bencana dengan terjun langsung ke lapangan. Kan klo kita pingsan bukannya kita membantu orang, malah jadinya berabeh bisa jadi sekampung gempar karena harus membantu mengantar kita ke rumah sakit, hehehehehehehe ,Kita bisa membantu dari sisi lain misalnya dengan menggalang bantuan atau membantu mengurus administrasi.

Lakukan sesuatu yang anda suka
Kita suka buku, anak-anak, laut, hewan,atau apapun. Cintailah yang membuat kita rela untuk melakukan apa saja untuk membuat sesuatu jadi lebih baik. Sukarelawan, mestinya sih lebih menyenangkan ya ketimbang relawan. Kalo kita suka buku, coba deh lihat di rak koleksi buku kita pasti udah bejibun tuh !!!, jadi kenapa tidak, kita bisa mendirikan perpustakaan untuk menambah pengetahuan anak-anak di sekitar kita, sekalian juga kita membantu program pemerintah untuk cinta membaca.

Hanya memberi, tak harap kembali
Jadikan itu motto kita, sehingga apa yang kita lakukan itu benar-benar berasal dari hati yang paling dalam, dan memang untuk kepentingan bersama.

14 Comments:

ariefborneo said...

Ane aman kan pertamax...met pagi n sukses selalu

pakies said...

Wah pagi-pagi dapat pencerahan yang mangstaf nih. Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang-orang sekitar, kiranya perlu proses pembelajaran yang dimulai dari kedisiplinan diri

Cerita Hujan said...

>> Sob Arief : oke deh.. trims jadi yang pertamax...!!! klo jadi minyak tanah yang keberapa ya?? ^_^

>> pakies : Baru belajar, tolong bimbingan belajar kedisiplinan dirinya ya pak.. hehehehe ^_^

chikarei said...

mantap euy^^

semangat tentunya
lakukan hal postif untuk diri kita dan orang lain

karena arti hidup itu adalah keberartian
sejauh mana kita bisa berarti di dunia ini

cHugy - gOgOg said...

Artikel yg menarik sekali....!!! cukup memotivasi untuk beraktifitas di awal hari ini.

w - 4xp said...

Kunjungan pagi....dan mw mgucapkan slamat beraktivitas di pagi ini.thanks

windflowers said...

nice post...^_^

Herdoni Wahyono said...

Kita menjadi tersentuh dengan artikel ini. Apa yang telah kita berikan kepada lingkungan kita ? Sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Memang memberi lebih baik daripada menerima. Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Bahan refleksi di kala duduk termenung di malam yang sepi. Trims sharingnya sobat. Salam sukses.

Ferdinand said...

Sejujurnya aku paling ga suka hari senin...(hate Monday).....tapi abiz baca postingan ini aku jadi semangat lagi nie..........OK aku juga mau nglakuin yg terbaik yg aku bisa......Semangat!!!!!

etam grecek said...

cieeeeeeee...
bolehlah mbak ami nih loh...
keren dan keren sangad postingannya....

Dunia Internet said...

nica post gan. saya suka :)
yang terpenting untuk melakukan hal itu harus ada kedisiplinan dan kerendahan dari dalam hati utamanya.
semoga artikel ini bisa mengetuk hati bagi yang membaca. Amiiiiiinnn... ^,^

o0z said...

dan semua hal-hal besar pastilah diawali dari hal-hal yang kecil pula

Nice Post, I Like It

::Salam Hangat::

TRIMATRA said...

think big, start small and act now!!! setujuh sayah....

ps: datang mengetuk pintu rumah mayamu , mengingatkan postingan bersama 1 juli nanti yaaa

Cerita Hujan said...

>> All : Trims tuk komentarnya... Tetap Semangat!!! ^_^

Sponsor