Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, July 7, 2010

Ke-07 : Cara Mengatur Tata Letak (Rancangan) Pada Blog

Rabu, 7 Juli 2010

Oke deh, belajar bersama kita lanjutkan lagi dari tutorial sebelumnya. Blog kita sudah memiliki elemen-elemen yang peletakkannya pada halaman Blog merupakan standar (default) dari blogger.com. Jika kita ingin mengatur tata letak/rancangan halaman blog, bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Tapi sebelumnya aku sedikit menerangkan bahwa, untuk mengedit rancangan dan lainnya sebetulnya tidak mesti kembali dulu ke dasbor. Tapi untuk mempermudah bagi pemula (supaya tidak salah jalan gituu ^_^ -red), aku sengaja selalu memulainya dari yang namanya Dasbor. Kita mulai ya....

Pada halaman Dasbor, klik item rancangan


1. Navbar, papan navigasi yang merupakan bawaan dari Blogger.com. Navbar ini diusahakan dipertahankan ya, supaya lolos dari yang namanya kena banned Blogger.
2. Header, bagian yang biasanya menunjukkan judul atau identitas dari blog kita
3. Posting Blog, pada bagian ini posting-posting (tulisan) blog kita akan di tampilkan
4. Sidebar, berisi elemen-elemen halaman yang bisa kita tambahkan atau masukkan
5. Simpan, klik tombol ini jika keta telah melakukan pengubahan
6. Bersihkan Edit, jika kita ingin mengulang proses pengaturan dari awal dan melakukan “reset”
7. Pratinjau, Preview, melihat dahulu hasil otak atik kita.

Memindahkan Elemen Halaman

Untuk mengubah posisi “Mengenai Saya” dari posisi “Side Bar” ke posisi atas “Posting Blog”, kita hanya perlu menarik elemen tersebut saja. Klik pada “Mengenai Saya” dan tarik perlahan ke arah bagian atas “Posting Blog”, kemudian lepaskan.


Klik tombol “simpan” untuk menyimpan perubahannya, kemudian klik “Lihat Blog” untuk melihat hasilnya.


Bagian “Mengenai Saya” telah sukses berpindah tempat ke bagian atas “Posting Blog”.



No comments: