Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Monday, July 26, 2010

Ke-33 : Alam Bawah Sadar

Senin, 26 Juli 2010




Huft... Selamat pagi sahabat-sahabat ku!!!, semalam aku bermimpi buruk di tengah malam. Aku terbangun mendadak, terengah-engah, dan berkeringat deras (padahal Curup sedang hujan, artinya suhu udara dingin sekali). Hmmm.. Aku biasanya di serang mimpi buruk bila tubuh sudah keletihan, tapi kemarin kayaknya aku libur loh.. kok bisa ya?? (bingung mode*on). Tapi tenang saja, beberapa menit kemudian, aku langsung bisa tidur lagi.. hehehehe.

Menurut cerita, otak manusia memiliki kapasitas yang luar biasa. Tapi hanya sebagian kecil yang tersimpan di dalam alam sadar. Sisanya tenggelam di dalam alam bawah sadar. Memori yang tersimpan - sengaja maupun tidak - itulah yang muncul dalam bentuk mimpi (buruk atau baik).

Aku kebiasaan mengandalkan alarm untuk bangun pagi. Biasanya aku menipu diri sendiri dengan memajukan dering alarm satu jam sebelum waktu yang seharusnya. Apa yang terjadi? Walaupun Ello, Ipang, Berry St Loco, dan Lala sudah berteriak-teriak menyanyikan lagu "Buka Semangat Baru" (Bunyi dering alarmku memang ku setting lagu Buka Semangat Baru-red) sampai tetangga sebelah mampu dibangunkannya, tapi nyawaku masih di langit. Bergeming dalam damai. Dan tetap akan terbangun satu jam setelah dering alarm.

Sebaliknya, jika aku memasang alarm PAS pada jam seharusnya. Maka aku akan punya kecenderungan terbangun sekian menit sebelum alarm berbunyi. Tubuh ku nyatanya tidak bisa ditipu. Saat ini aku yakin, kalau saja aku percaya penuh pada tubuhku, maka tanpa alarm pun aku pasti bisa bangun.

Biasanya aku tidak langsung tiba-tiba bangun, Tubuh ini biasanya memulainya dari satu tarikan nafas panjang, lalu mata membuka sedikit. Sang sadar, walau sedikit tapi sudah ada. Kemudian keputusan ada di tangan ku, mau segera bangun atau bermalas-malasan terlebih dahulu (kalau pilihan kedua yang aku ambil, otomatis aku kesiangan, hahahaha-red).

Ada banyak tanda lain yang tersebar di sekitar kita. Tubuh kita saja tidak pernah berhenti memberikan sejumlah tanda. Pilihan ada pada kita. Katanya sih, perempuan lebih kuat membaca tanda dibanding laki-laki. Bisa benar, bisa tidak. Toh, perempuan dan laki-laki sama-sama manusia. ^_^

19 comments:

Lirik Lagu said...

Tinggal kita peka atau tidak. Tapi jujur, kadang kita ndableg dengan tanda tanda itu. Ndak peduli. Akhirnya, kalau di badan, ya jatuh sakit. Salam Semangat Pagi dari Bantul..

tomo said...

Rutinitas pagi gan.
Kalo menurutku mimpi pada waktu siang hari saja yang biasanya menjadi kenyataan di dunia nyata gan.

Tp kalo mimpinya pada malam hari biasanya hanya bunga tidur saja.
Itu aku ambil dari beberapa mimpi yang telah menimpaku.
Tengkyu gan.

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Mimpi dan kawan-kawannya kayak firasat atau perasaan lainnya, kita anggap saja sebagai pengingat dariNya agar kita waspada, hati-hati dan ingat padaNya qe3

Tumben komentarku bener nih qe3

Met pagi bi' Nyayu :D

Ozzys Blog said...

Alam bawah sadar mampu memberikan imajinasi dan membuahkan yang namanya kreatifitas, secara otomatis, otak akan mencari jawabanya sendiri ketika kita berhadapan dengan sebuah maslah, intuisi, ya benar intuisi, itu berasal dari informasi yang kita kumpulkan untuk menjawab sebuah masalah, jika kita kumpulkan informasi yang benar dalam otak kita, maka alam bawah sadar akan menjawabnya secara oto matis, dan bahkan kita tidak percaya kalau itu adalah buah pemikiran kita
jadi mulai sekarang yuk kita isi otak kita dengan hal-hal yang bermanfaat, entah hal kecil atau besar, itu sama saja, yang penting kita investasikan informasi2 itu ke dalam otak bawah sadar kita, suatu saat pasti lah berguna
::salam Blogger dari Yogya:

Sekalian tuker link yah sobat, link nya sudah aku pasang di blog aku.

Ferdinand said...

Wah klo aku mah jarang mimpi buruk paling ya klo udh bener2 kecapean ... malah biasanya mimpiku indah2 hhe....... tapi paling sering aku mimpi yang ntarnya pasti nyata... dan itu yg malah bikin aku kaya org bego pas udh di dunia nyata koQ malah serasa ng'lakuin yg dimimpi wkkwkk

Semangat N happy blogging!!!

Nyayu Amibae said...

>> Pak Penjaga Gardoe di bantul : hehehe itulah pak, semoga kita peka dengan tanda2 tubuh tersebut biar ga sakit... ^_^

>> Cak Tomo : hmmm.. begitukah?

>> Mas Inung : wkwkwkwk.. bener tuh, tumben hari ini rada normal, hahahaha

>> o0z : betul betul betul...

>> Ferdinand : dejavu.. itu asik!!! Semangat dan Happy blogging....

tomo said...

Gambarnya itu lo gan keren.
Keren kayak penulisnya tentunya

odah etam said...

manusia di beri kelebihan tuk membaca tanda tanda.. baik tanda yg akan terjadi tuk dirinya sendiri maupun tanda yang akan terjadi di alam...

tuk pertanyaannya mengenai postingan aku :
"karena acaranya bersifat sakral jd agak susah ngejelasinnya yang pasti inti dari upacara yg diadakan untuk menjaga serta menambah pamor dari seorang sultan itu sendiri tuk menjaga wilayah serta rakyat nya...
trims..ya dah mampir
sukses slalu

Puguh Prasetyo said...

wah alam bawah sadar yah... belum pernah dapat bahasan detail sih sebelumnya dan info ini setidaknya memberi sebuah gambaran... hehehe... thanks yah...

Agung Aritanto said...

terus masalah mimpi basah itu bisa dijelaskan ga?

hanumuslem said...

haha.. bisa aj.. nice post...

Sudinotakim said...

Ha..ha..nice post ..

Pakies SM said...

satu mimpi yang aku cita citakan belum kesampaian, mimpi ketemu Rasulullah saw. Kalo mimpi buruk sering, yaitu ketemu pakies

Nyayu Amibae said...

>> Cak Tomo : Gambar apa yg keren cak???

>> odah etam : mantaf....

>> Puguh : siiip....

>> Agung Aristanto : wkwkwkwkwk...

>> hanumuslim : thankyuuu

>> sudinotakim : trims...

>> Pakies : Klo mimpi ketemu Rasul itu termasuk rajanya mimpi, ami juga pengeeeeen.. hehehe. Trus, ketemu pakies kayaknya bukan mimpi buruk tuh ^_^

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...kalau soal alarm, walau pasang 10 alarm bagi bang Pendi nggak bakalan mempan. Bisanya cuma disiram air seember baru bisa bangun...hehehe

salam hangat & sehat selalu...

om rame said...

semaLam saya mimpi ketemu pejabat, eh pas pagi-pagi banget sebeLum berangkat kerja ada tamu (keLuarga) berkunjung
tau-tau ngasih uang, katanya cuma mau bagi-bagi rezeki aja. aLhamduLiLah.

secara Logis mengenai perempuan lebih kuat membaca tanda, ada benarnya juga sih. karena (katanya) kaum perempuan itu Lebih peka perasaannya dari pada Laki-Laki, sebgai contoh berdasarkan riset sosiaL pada umumnya perempuan Lebih banyak berpikir dengan perasaan dengankan Laki-Laki Lebih banyak berpikir dengan rasionaL.

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Kaya' teori dari Sigmund Freud tentang mimpi. Katanya, mimpi adalah proses psikis di alam bawah sadar manusia. Mimpi ada kaitannya dengan keinginan dan pemenuhan, dan jadi penggambaran dari segala emosi yang ada dalam alam bawah sadar manusia. Tapi karena dalam kehidupan nyata kita punya norma2 yang melarang manusia untuk mengekspresikan keinginan dan segala bentuk emosinya, akhirnya tersalurkan deh lewat mimpi yang notabenenya berdasarkan alam bawah sadar....

Tapi apapun teorinya, mari kita terus bermimpi...^_^...

met malam kakakku, met istirahat...n moga mimpi indah yaaaa...

Hendriawanz said...

TErima kasih atas visitnya.
Salam kenal juga, dan ini saya follow balek.

Artikel yang menarik. Dulu pernah juga sh, waktu mau ujian SD apa ya, sebelum tidur ingin bangun jam 4 pagi, dan betul. Yah, tubuh manusia memang luar biasa.

Nyayu Amibae said...

>> Bang Pendi : wkwkwkwkwk.. masa make di siram air :D

>> Oom Rame : horeee dapet rezeki nih, kita semua siap ditraktir.. hehehe

>> Nilla : mimpi indah juga...

>> Hendriawan : siiip.. semoga kita jadi sahabat ^_^