Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Saturday, February 19, 2011

Plant Design / Pra Rencana Pabrik Kimia (bagian-1)

15 Rabiulawal 1432 H
Sabtu, 19 Februari 2011

Assalamu'alaikum dan selamat sore sahabat-sahabatku, semoga selalu sehat ya.. hmmm.. tidak terasa sudah akhir pekan lagi, memang waktu cepat sekali berlalu dan semoga kita telah mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat,, amiin.

Oke, langsung saja, tadi siang aku tidak sengaja chat via FB dengan adik tingkatku di Fakultas Teknik. Memang sih, kita tidak pernah ketemu secara langsung di dunia nyata (padahal aku ini sudah di Palembang, wkwkwk), tapi alhamdulillah silaturrahmi antara sesama anggota kampus hijau (Universitas Muhammadiyah Palembang) tetap terjalin walau angkatannya beda jauh sekali, :).

Nah, balik lagi ke cerita chat tadi, ternyata adik tingkatku ini lagi pusing untuk menyelesaikan Tugas Plant Design Pabrik yang merupakan salah satu syarat biar bisa lulus jadi sarjana Teknik Kimia. dan yang membuatku merasa gubrak!!! dia malah konsultasi dengan ku, halaaah.. sudah lebih lima tahun aku tidak lagi berkecimpung dalam dunia per-teknik-an, khususnya teknik kimia, duuuh.... mendadak sakit perut, hahahahaha.


Nah loh, padahal sudah aku jelasin hal sebenarnya pada si adik tingkat, eeh,, si dia masih saja ngotot mau konsultasi, ya sudah,, karena sedikit tidak tega (habis dia kayaknya sudah rada putus asa), makanya aku jabani saja semampu ku, minimal aku bisa jadi pendengar yang baik dah,,, hehehe.

Bagi Mahasiswa Teknik Kimia, Plant Design (Pra Rencana) Pembuatan Pabrik Kimia betul-betul tugas akhir yang bikin ribet tapi juga memberikan suatu makna yang sangat berharga bagi para mahasiswa yang mengerjakannya. Coba deh, kalau sahabat-sahabat punya teman yang tamatan jurusan Teknik Kimia boleh deh ditanya pasti semua merasakan suatu hal (entah apa) yang bisa membuat hati menjadi rasa nano-nano (manis, asem, asin), karena susunan Plant Design ini sangat berbeda dengan susunan Skripsi pada umumnya, Yup... Aseli... harus menyusun  sebanyak 9 BAB, hahaha... waktu aku lihat kembali kitab Plant Designku ternyata terdiri dari 309 halaman.

Apa sih Plant Design itu?

Karena sudah aku sebut tadi, Plant Design ini adalah salah satu Tugas Akhir sebagai syarat menjadi Sarjana Teknik Kimia. Dalam tugas Plant Design, mahasiswa semester akhir diharapkan mampu merancang suatu pabrik kimia. dengan semua aspek diperhatikan, sehingga betul-betul terbentuk suatu pabrik kimia yang sesungguhnya. Kalau bahasa ku, kita diminta merencanakan alias membuat suatu pabrik.

Nah, untuk bisa membuat suatu pabrik kimia, maka diperlukan urutan-urutan tahap yang harus dilakukan, nah,, inilah yang buat nih tugas menjadi 9 BAB. Karena sahabat sudah terlanjur baca nih posting, aku akan menjelaskan secara umum masing-masing BAB tersebut. (sesuai permintaan si adik tingkat- habis kalau pakai via pesan FB kayaknya kepanjangan hehehe -red) hmmm... Tapi bila sahabat-sahabat masih ada kerjaan lain, ya  diaturin alias silakan tuk off dari cerita hujan, tapi jangan lupa komen ya.. wkwkwkwkwk

Hmmm.. bagaimana? saya lanjut ya,,,

dalam pembuatan Tugas Plant Design, kita harus melalui tahap-tahapan. Pada awalnya, kita harus menentukan terlebih dahulu judul atau nama Pabrik yang akan kita buat. Menurut pengalaman ku, pemilihan judul plant Design ini betul-betul harus hati-hati, karena bisa-bisa jadi bumerang untuk kita sendiri. Nah loh, kok bisa??  iyalah... karena aku dari dulu orangnya simple (dan biasanya anak teknik itu suka yang simple-simple, kalau tidak percaya tanya saja anak teknik (kalau bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit), hahaha) maka pastinya aku berusaha mengerjakan sesuatu yang cari mudah dong,, hehehe.

Jadi, usulku sih,, untuk menetapkan judul tugas plant design, ada baiknya dilihat dulu bentuk dan sifat dari bahan dasar pabrik yang akan di buat, apakah padat, cair atau gas. Kalau menurutku sih, yang paling simple dan tidak berbahaya sekaligus tidak terlalu menimbulkan resiko adalah Pabrik Pengolahan Padatan, karena alat-alat kimia, proses dan yang paling penting hitung-hitungannya simple.Oh ya.. kapasitas pabrik juga kalau bisa jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil dan harus juga memperhatikan perkembangan dari pabrik yang ada sebelumnya, atau kalau yang mau dibuat adalah pabrik baru (alias belum pernah ada yang membuat pabrik sama) maka  usahakan jangan terlalu besar, untuk memperkecil hitungan kerugian nantinya. Untuk kapasitas, boleh mengacu dan melakukan trial-error dari data yang ada di BPS. Eitss,, kalau ada yang protes dan tidak setuju ya silakan...kan aku sudah bilang ini pendapatku. ^_^

Oke, lanjut...

Setelah kita menentukan Judul dari Plant Design (alias sudah di acc dosen pembimbing), maka kita teruskan ke tahapan selanjutnya, yaitu penyusunan BAB per BAB :

Bab Pertama : PEMBAHASAN UMUM
Dalam Bab ini, terbagi menjadi empat bagian, yaitu: 
  • Pendahuluan, kalau isinya ya biasa saja seperti kalimat-kalimat yang biasa (maklum biasanya dosen pembimbing tidak terlalu memperhatikan bagian ini)
  • Sejarah dan Perkembangan, dalam sub bab ini, kita diminta untuk mejabarkan asal-usul dari pabrik yang akan kita buat dan kebutuhan akan produk dari pabrik. Sejarah pembuatan pabriknya bisa jadi awalnya dari negara eropa dan lain-lain yang kemudian kita bandingkan dengan kebutuhan produk di negara kita Indonesia sekarang. Berdasarkan pengalaman ku dahulu, aku biasanya mencari data sejarah dengan mengandalkan Mbah Google dan Jeng Yahoo (siap-siap translator ya, maklum pada umumnya semua masih berbahasa Inggris. dan data untuk produk dalam negeri, biasanya aku mengandalkan data statistik BPS.
  • Macam-macam Proses Pembuatan, dalam hal ini, kita diminta untuk menjelasan macam-macam proses yang bisa dilakukan untuk pengolahan. Dulu aku mendapat literatur macam-macam proses ini dari US Patent  atau www.uspto.gov. (tapi tadi waktu aku coba ke link itu, kayaknya dah ketutup).
  • Sifat-sifat Fisika dan Kimia, Nah, disini kita diminta untuk untuk menjelaskan sifat sifat dari bahan-bahan baku pabrik yang akan digunakan. Hmm... literaturnya aku rada lupa nih,, tapi bisa dilihat di buku-buku Kimia dasar deh, kan biasanya ada, hehehe.
Hmm...nah... nah.. karena nih huruf sudah jadi bentuk italic dan ga mau di ubah, dan juga karena sudah sore, aku pamit dulu ya,, nanti aku sambung lagi... bye... Wassalamualaikum 

(bersambung)


5 comments:

ajenkthree said...

hehehe..betul banget anak teknik suka yg simpel2

aku juga lagi prepare tugas akhir yg syaratnya harus bikin alat, tapi untung laporannya 5 bab. ampun deh kalau dapet 9 bab :D

Ami said...

@ jeng Amibae, dulu TA tentang pemrogaman. Sekarng kok gak nyangkut lagi pemrogaman itu yah..

Djangan Pakies said...

wa'alaikum salam Ning Ami,
wah jadi tutorial TA nih, bagi-bagi ilmu yang bermanfaat Insya Allah mendatangkan banyak pahala kebaikan

tiwi said...

Asswrwb... lho kenapa gak sekalian tanya ke aku? aku kan jg lulusan tekkim ITS lho...(hehhehe, narsis...hueks...byorr) dijamin setelah tanya ke aku, nanti jawabannya bukan ttg pabrik kimia lg, krn rumus2nya udah aku ganti jd rumus2 bahan kue...wkwkkwk, udah malam... capekkk, bobok dulu ya say..wassalam..

Ema Loveta said...

saya juga anak teknik kimia dari kampus hijau palembang, dan memang lagi pusing masalah plant design, postingan kakak bermanfaat sekali. Makasih kak :)