Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, June 22, 2012

Pelangi di Gunung Kemala

Suasana sehabis hujan begitu memberikan fenomena yang unik. Dedaunan basah terlihat berkilauan bagaikan berlian ketika sang mentari menyapa nya, udara panas menyengat karena pengaruh semakin tipis nya lapisan ozon yang terasa, seakan-akan habis terkalibrasi bersamaan saat usai nya sang Khalik meneteskan tetes-tetes air menakjubkan dari langit-Nya.

Rerumputan basah di depan rumah Pak Paridin bagaikan mengucapkan kata selamat datang saat kami   kembali menapakkan kaki di Kelurahan Gunung Kemala. Kelurahan ini terletak di wilayah Kecamatan Prabumulih Barat dengan luas wilayah kurang lebih 3.219 Ha dan pembagian wilayah terdiri dari 8 RT dan 4 RW.

Setelah mem-parkir-kan kuda besi yang selalu setia menemani perjalanan, segera kami melangkahkan kaki menuju ke arah Pak Paridin dan kawan-kawan LKM Bersatu yang sudah menanti dengan senyum-senyum simpulnya. Sambutan jabat tangan yang menjadi tradisi beserta candaan-candaan renyah selalu menjadi awal dari setiap pertemuan.

Pak Paridin saat ini menjabat sebagai Koordinator LKM Bersatu menggantikan Pak Bashar yang mundur dari jabatan koordinator dan menjadi anggota dikarenakan kesibukkan di aktifitas baru nya. Sebagai koordinator LKM yang baru, pasti nya Pak Paridin masih selalu berkoordinasi dengan Pak Bashar dalam menjalankan perannya sebagai koordinator, dan atas dukungan semua anggota LKM Bersatu dan perangkat (Sekretariat dan UP-UP) tentu nya.

LKM Bersatu berusaha untuk menjadi LKM yang sesuai dengan nama nya, setiap permasalahan yang ada selalu dimusyawarahkan bersama dalam pemecahan nya, dengan beranggotakan 13 orang anggota dan 4 orang perangkat nya yang sebagian juga merupakan anggota baru menggantikan anggota LKM yang tidak aktif, LKM Bersatu mencoba untuk mulai mengepakkan sayap nya.

Hari ini, akan dilaksanakan musyawarah penetapan prioritas kegiatan untuk anggaran tahun 2012 dengan pagu dana Rp.150.000.000,-. Seiring dengan berjalannya waktu, LKM Bersatu sudah cukup dewasa  memprioritas kan kegiatan berdasarkan azas kebutuhan bukan hanya sekedar keinginan semata. Dengan mengacu kepada tujuan awal yaitu melakukan penanggulangan kemiskinan, LKM Bersatu memprioritaskan kegiatan berdasarkan tiga hal, yaitu: Kemendesakkan, Jumlah Kepala Keluarga (KK) Miskin sebagai penerima manfaat, dan tingkat Swadaya Masyarakat. 
Setelah selesai memprioritaskan kegiatan, kami bersama-sama seluruh LKM dan perangkatnya pun langsung melakukan survey kegiatan lingkungan yang telah diprioritaskan. Seluruh anggota LKM dan perangkatnya begitu bersemangat. Pancaran wajah-wajah nya yang berseri ketika menarik meteran bagai pelangi yang hadir setelah hujan, dan semoga saja LKM bersatu akan menjadi pelangi  dalam proses penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Gunung Kemala.

4 comments:

affanibnu said...

asik nih melihat kita mendekatkan pada mereka yang membutuhkan.. :)

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

yang motret siapa ya Ami'? itu yang baju item di pinggir kanan dirimu kah?

cemunguds ya bi', jelang bulan puasa nih :)

Djangan Pakies said...

ada kosa kata baru yang belum pernah saya dengar nih "Kemendesakkan"
Jempol berlusin-lusin dah untuk semua Fasilitator atas keikhlasan berbagi tenaga dan pemikiran

Djangan Pakies said...

lho komentarku ilannnaaaggg tertelan lemoott