Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, August 1, 2012

Gedung PAUD Terbangun, Muara Sungai pun Tersenyum


Gedung PAUD PNPM MP
Desa Muara Sungai adalah desa yang memiliki luas ±872 Ha dan dibagi menjadi 4 Dusun. Desa yang posisinya berbatasan dengan  Desa Petanang di sebelah utara, Kelurahan Sukajadi di Sebelah Selatan, Kelurahan Sungai Medang di sebelah Barat, dan Kelurahan Cambai di sebelah Timur ini secara administratif termasuk bagian dari Kecamatan cambai  Kota Prabumulih.

Papan Nama PAUD
Sebagai Desa yang berkembang, bersamaan dengan adanya PNPM Mandiri Perkotaan yang masuk sejak tahun 2008, geliat semangat membangun di desa ini semakin terlihat dan dengan dimotori oleh LKM Usaha Bersama. Tidak hanya pembangunan dari segi sosial dan ekonomi, pembangunan di bidang infrastruktur pun terlihat menyentuh di berbagai titik Desa. Salah satu nya adalah pembangunan Gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang dibangun di samping balai desa.


Ruang Kelas
Pembangunan gedung PAUD ini menjadi hasil keputusan dari musyawarah warga kala menetapkan kegiatan infrastruktur  PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2011. Dana yang dianggarkan untuk pembangunan gedung PAUD ini adalah Rp.50.000.000,- dari dana BLM PNPM Mandiri Perkotaan, dan Rp.15.000.000,- berasal dari swadaya masyarakat.

Berpose di Ruang Kelas Lesehan
Awal sebelum pembangunan PAUD yang dipanitia-i oleh KSM Pintar, para peserta didik melakukan kegiatan belajar-mengajar menumpang di ruang fasilitas desa. Diruang itu, kompleks sekali kegiatan yang dilakukan, selain digunakan untuk kegiatan mengajar PAUD, ruang tersebut juga merupakan perpustakaan desa dan tempat posyandu, kegiatan belajar-mengajar terpaksa harus dihentikan atau ditunda bila mana ada kegiatan yang dilakukan dalam waktu bersamaan.

Setelah pembangunan gedung PAUD yang diberi nama PAUD Serepat Serasan, anak-anak didik dan staf pengajar bisa bernafas lebih lega, kegiatan belajar mengajar pun bisa dilakukan dengan lebih nyaman walau masih ada ruang yang terpaksa duduk nya lesehan di lantai karena masih kurang kursi. “Kami sungguh berterima kasih kepada PNPM atas bantuan gedung PAUD ini, akhirnya kami tidak perlu repot-repot lagi seperti saat masih menumpang tempat”, ujar ibu Supriyati yang merupakan kepala sekolah sekaligus ketua KSM Pintar sambil tersenyum.

Berpose bersama LKM, Korkot, dan Staf Pengajar

6 comments:

Anonymous said...

Great Job Sist,, I'm proud of you! keep fight!!

zan PSP said...

selamat ya sob atas pembangunan gedung PAUD nya, semoga bisa beroperasi dengan maksimal walau masih ada sedikit keterbatasan...


eh iya... gimana puasanya lancar kan...

trica jus said...

selamat... :D

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

waaa... gentengnya ungu, semoga bikin anak-anak semangat meramaikan PAUD, apalagi kaca jendela berhias pernak-pernik dekorasi qe3. Selamat ya bi'

Rawins said...

walau sederhana yang penting fungsinya
tetap semangat, sob..

modern calssic furniture said...

semangat..semangat..mga anak anak yang belajar d sana bkal jadi para pemimpin bangsa ini

salam kenal
ditunggu kunjungan baliknya ya..!!
.n_n.