Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, October 12, 2012

Posting Khusus Tuk Kak Semeton : Tutorial Cara Membangun Template (Tampilan) Blog

Selamat pagi sahabat,,,

hmm,, terbangun pagi ini teringat janji ku kepada kak Semeton di lombok yang lagi semangat-semangatnya ingin bikin blog,, hmmm,,, wokeh,, mari kita belajar,, dan untuk sahabat-sahabat blogger yang sudah mahir, posting ini di lewatin aja ya,,hehehehehe, karena ini memang posting khusus tuk kak semeton,, klo kira-kira ada sahabat yang mau ikut belajar,, silakan,, tapi duduk yang rapi ya,, :)

Kemarin malam, aku telah melihat blog nya kak Semeton, betul-betul masih kosong ya,, hehehehe,, oke kita tata dan isi ya,,, tapi mungkin aku beri tutorialnya secara bertahap,, biasa,,, cari waktu senggang,,, hahahaha masih pake gaya sok sibuk :D.

Karena waktu aku datang dan ku lihat blog kak Semeton tampilan (template) nya pake yang template dinamis,, dan menurutku template dinamis kurang cocok untuk blog yang sifatnya pribadi,, maka untuk kali ini aku buat tutorial untuk mendesign template nya ya,, nanti kak semeton coba otak atik dan pilih-pilih sendiri kalau sudah tahu dasarnya, langsung saja, yuuk ikuti tutorial cara membangun template blog :)

untuk awal, Masuk kan email dan pasword ke blogger.com, maka kita akan menemukan menu dasbor yang seperti gambar berikut, kemudian klik tombol yang seperti ditunjukkan pada tanda panah di dalam lingkaran merah, seperti berikut:


setelah tombol yang ditujuk tanda panah merah di klik, maka akan tampil, seperti gambar berikut, kemudian pilih "Template":


setelah template di klik, maka akan tampil gambar seperti berikut, pilih tab "Sesuaikan" seperti ditunjuk tanda panah:


setelah tab "Sesuaikan" di klik maka akan muncul tampilan seperti berikut, dan kita siap untuk mengotak-atik template sesuai dengan yang kita inginkan, tapi sebelum lanjut jagan lupa tersenyum ya,, seperti ini  :) .


Bagaimana,, sudah selesai tersenyumnya?, hmmm,, untung sekarang di mbah google sudah sangat baik, jadi otak-atik template blog begitu sangat mudah sekarang dibanding jaman dulu,, :)

Ok,, kita Lanjut...

Amati bagian atas kiri, disana terdapat menu sebagai berikut :
  1. Templates
  2. Latar Belakang
  3. Adjust Widths
  4. Tata Letak
  5. Tingkat lanjut
Nah,, lima menu inilah yang akan kita otak-atik agar template blog sesuai dengan keinginan. sudah siap? oke kita bahas satu per satu.

1. Template

Pertama silakan klik menu "Template", maka akan tampil seperti gambar berikut. Bisa dilihatkan berbagai macam tampilan template  dan sub template yang bisa di pilih, tinggal pilih saja dengan meng-klik template dan sub template yang di pilih, dan saran ku, kalau untuk blog pribadi usahakan jangan memilih template "Tampilan Dinamis".

  

Bila pilih-pilih template nya sudah selesai , jangan lupa untuk mengklik tab "terapkan ke Blog"  di kiri atas (warna orange) sebagai tanda jadi /setuju akan template yang dipilih. Pemilihan template ini bisa diulang-ulang bila memang masih merasa belum sesuai keingin dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

2. Latar Belakang

Setelah otak-atik template, maka kita lanjut untuk otak-atik Latar Belakang, cara nya juga tidak sulit, tinggal klik menu latar belakang, maka kita akan disuguhkan tampilan seperti berikut, ikuti saja seperti yang ditunjuk tanda panah merah, dan terakhir kalau sudah selesai memilih latar belakang blog, jangan lupa untuk mengklik tab "Terapkan ke blog" sebagai tanda jadi atau setuju.


3. Adjust Widths

Menu ini adalah menu untuk mengatur lebar nya menu blog dan side bar,, untuk yang ini rasa nya tidak perlu tutorial khusus,, tinggal dicoba-coba saja dan terakhir tetap jangan lupa untuk mengklik tab "Terapkan ke blog" sebagai tanda jadi atau setuju.

4. Tata Letak
Demikian juga untuk menu tata letak ini, tinggal dipilih saja yang sesuai keinginan dan tetap jangan lupa untuk mengklik tab "Terapkan ke blog" sebagai tanda jadi atau setuju.

5. Tingkat Lanjut
Menu ini adalah menu untuk kita bisa mengatur warna, huruf, latar tulisan, dan lain-lain, bisa di coba-coba saja ya sob,, tinggal dilihat di preview blog yang ada di bawah sebagai efek dari yang kita pilih. bila telah selesai otak atik nya tetap jangan lupa untuk mengklik tab "Terapkan ke blog" sebagai tanda jadi atau setuju.

Demikianlah, kira-kira tutorial Cara Membangun Template (Tampilan) Blog. Untuk kak Semeton maaf betul, yang terakhir rada buru-buru nulis postingnya, abis dah dapat sms dari LKM ini, kalau ada yang perlu ditanya langsung di fb atau sms saja ya,, hahahaha,, 

met mencoba dan met aktifitas!! kalau ada waktu senggang lagi nanti ami buat tutorial cara mengirim posting (tulisan) di blog. see U next........... ^_^

9 comments:

Akhmad Rumnatandi said...

Terimakasih semeton atas ilmunya, semoga ini sebagai awal yag baik untuk berkarya dan menulis...
smoga Tuhan yg maha Esa mencatatnya sbg sbh nilai ibadah bg Amy... c u too... Sukses sll...

Djangan Pakies said...

manteb dan terperinci, jadi lebih gampang menerapkannya. Inilah indahmya saling memberi kemanfaatan

munir ardi said...

meski sudah lama ngeblog sperinya saya masih perlu membaca ini sista karena blog aku masih awut-awutan gitu templatenya

Alris said...

Saya juga belajar dengan membaca posting ini. Blog saya yang di blogspot sudah lama nian tidak dielus, hehe..
salam,
http://alrisblog.wordpress.com

alkatro said...

ikut nyimak di banhku belakang..
asyik, pengin bikin template modif bloggr
belum kesampaian hix
makasih sharenya kk :D

Yayack Faqih said...

mbak, saya juga mau minta tutorial dari mbak, bagaimana supaya blog saya bsa pasang iklan lewat google adsense hehehe.. kaya punya blognya mbak. kalo udah posting kasih tau ya lewat inbox di facebook. di tunggu *triiiing..

Yusup said...

saya cukup lama ngeblog, tapi hampir lupa lagi beberapa tutorialnya,,,

anwar said...

Terimakasih sudah boleh mampir, artikelnya sangat bermanfaat

yusani said...

amat sangat membantu buat saya. makasih banyak buat mbakyu. mg terus berkarya lebih baik buat seluruh umat manusia di dunia. sukses!!!