Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Thursday, November 22, 2012

Tutorial Cara Membuat Laman Statis di Blog

Saat ini, Blogger.com sudah banyak melakukan pembaharuan yang membuat edit/setting template blog di blogspot menjadi sangat mudah, salah satunya adalah untuk membuat Laman Statis  di template utama seperti yang bisa di lihat pada template Blog Cerita Hujan berikut: 


Laman Statis (yang di dalam kotak merah), adalah halaman tambahan yang berada di halaman utama blog, laman ini bisa berdiri sendiri, bisa untuk entry/posting tunggal, atau bisa juga untuk link dari suatu situs, hmm,, tetap suka-suka yang punya blog mau fungsikannya untuk apa,,hehehehe.

Cara membuat Laman Statis sangat lah mudah, untuk mengawali nya, baiknya kita mulai masuk ke dasbor blogger seperti pada tampilan berikut, kemudian klik yang ditunjukkan tanda panah merah,



Setelah tanda panah merah di klik, maka akan muncul kolom pilihan seperti berikut, silakan di pilih dan klik "laman".

   
Bagaimana? sudah di klik? siip,, kalau tampilannya sudah seperti gambar berikut, artinya kita sudah siap untuk membuat atau otak-atik laman statis,, mareee kita mulai, pada gambar terdapat 3 tab yang dilingkar dan ditunjukkan tanda panah merah, oke kita bahas satu-persatu:


Tab 1 : Laman Baru

Klik tab yang terdapat pada lingkaran merah, maka akan muncul kolom pilihan seperti berikut:
Laman Kosong : 
adalah laman tunggal yang dibuat khusus, penulisannya juga cukup mudah, sama seperti kita mau membuat posting baru, kalau di blog cerita hujan ini bisa sahabat lihat contohnya pada laman yang berjudul "tentang cerita hujan".

Alamat Web:
adalah laman yang dibuat untuk menyambungkan (link) secara langsung ke alamat situs/web yang diinginkan, cara nya juga cukup mudah, tinggal klik "alamat web" kemudian tulis alamat link situs/web yang diinginkan, maka blog kita langsung terhubung dengan satu kali klik saja. kalau di blog ini aku sukanya ngelink ke "Label" seperti tab laman cerpen dan cerbung.

Bila telah selesai memilih dan menulis baik laman kosong atau alamat web,, jangan lupa klik tab "Simpan".

Setelah laman di simpan, kita bisa mengubah judul atau linknya kembali dengan menu "edit" yang ada di bawah laman yang muncul. Dan bila ingin menambah laman, sahabat bisa ulangi lagi dengan mengklik Tab 1: laman baru.

Tab 2: Tab atas

Klik tab yang terdapat pada lingkaran merah, maka akan muncul kolom pilihan seperti berikut:
Tab ini berfungsi untuk mengatur letak laman kita, kalau ingin di atas (seperti blog cerita hujan ini) maka klik dan pilih tab atas, bila ingin dijadikan tautan di samping template maka klik dan pilih tautan samping, dan bila ingin disembunyikan klik saja jangan tampil.

Bagaimana? mudah kan? kalau sahabat sudah yakin akan isi laman dan letaknya, maka jangan lupa untuk mengklik tab 3: Simpan Setelan.

Coba lihat blog sahabat, sudah ada laman statis nya kan? Selamat ya,,,,,

-----
Posting ini khusus aku buat untuk sahabat ku di Trenggalek,, semoga bermanfaat :)

14 comments:

Elang Rinjani said...

Pinter....

Djangkies said...

makin manteb saja nih tutorialnya, terperinci. Semoga memberikan kemanfaatan untuk orang lain

Ganius Eka said...

terimakasih.. mau coba ahhh

Ejawantah Wisata said...

Ok deh Mba....

Sukses selalu
Salam Wisata

siroel said...

insyaallah bermanfaat

catatan-r10.com said...

jadi ingat masa2 dulu saat blogger blm punya fitur ini

musti coding2 dulu kalau mau pakai laman statis

Jembersantri said...

wah.. bagus sekali artikelnya...

Yusna Pimananda said...

Sangat membantu saya Untuk yg belum tahu :-D

Qosim Putra Lumajang said...

biasanya kalo cursor di taruh di laman, ada yang bisa muncul tampilan ke bawah. Contoh laman "cerita". setelah cursur di tarud di cerita, maka langsung muncul beberapa pilihan, cerita pendek, cerita rakyat, cerita lucu dsb. nak caranya gimana tuh gan??

heri said...

tanks mbakyu. hehehehe
sangat membantu sekali.'
mampir juga ya

Kalimat Cinta said...

Cara Buat Laman Buat Tempat Backlink Tanpa Muncul Di Halaman Posting Gimana Ya ???

soni rivaldi said...

Bro gimana cara buat laman drop down ? Dan bagaimana cara agar postingan artikel kita tidak berada di home tetapi berdiri sendiri di halaman dropdown kita.
Kunjungi bro blog ane jg ya, http://sonirivaldi.blogspot.com

casc_azhar14 said...

trima kasih gan

agen pulsa nasional said...

kalo laman dijadikan halaman utama bisa apa ngk ngan?