Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Tuesday, July 16, 2013

Mereka hanya perlu diberi kesempatan,,,

Suara merdu BCL melantun merdu dari hape ku yang artinya ada sebuah sms yang masuk. "Kemana saja!!!", itulah kalimat singkat yang aku baca sambil sedikit tersenyum. "Semalaman aku malas buka lepi masbro,  rada bosen karena beberapa hari ini harus memenuhi deadline tanggal lima belas", balas ku sambil berbaring menonton tv sambil menunggu pagi setelah tadarusan satu zuz. 

Tak lama kemudian lagu cinta sejati nya BCL kembali terdengar, sms balasan pun ku terima lagi. "Makanya kerjaan jangan ditumpuk, kebiasaan tuh!", ujarnya sedikit mengomel dengan tulisan. "Hahaha, biarin!! Kamu tak pernah tau sih nikmatnya kerja di ambang deadline!", balas ku dengan mengakhiri dengan emo :P 

"Ya terserah kamu! Apa cerita?  Sudah lama aku tak mendengar cerita mu?", ujarnya masih berbicara dengan tulisan.

"Hmmm,, aku kembali melihat semangat api semangat dari teman- teman LKM masbro, bayangkan teman-teman LKM dari dua desa dampingan ku pada begadang menyelesaikan Proposal PLPBK yang hanya diberi tenggat waktu 2 hari. Walau ada satu desa yang tidak bisa menyelesaikan satu proposal karena pak kepala desa dan pak camat nya keluar kota,  aku merasa perjuangan mereka sudah bisa diapresiasikan positif kalau mereka mampu dan mau ituk berubah", ujar ku dalam sms yang menghabiskan jatah 3 quota sms.

"Mereka hanya perlu diberi kesempatan", kembali dalam hitungan detik aku menerima balasan sms. "Yup,, benar masbro memberikan kesempatan untuk mereka berapresiasi sebagai subject program!", jawab ku sembari tersenyum dengan menekan tab "send" di hp.

Akhirnya acara berbalas sms pun diteruskan dengan topik yang beragam sampai akhirnya pak mentari menunjukkan senyum nya dibalik awan putih.

8 comments:

Herdoni Wahyono said...

Masukan dari bawah sebagai 'kebutuhan dasar' mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki menjadi pertimbangan penting untuk dimasukkan dalam rencana kegiatan. Perlu pendampingan dan fasilitasi berkelanjutan sebagai bentuk kepedulian untuk mereka. Salam cemerlang.

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

Tetap asik ya mba walaupun dikejar deadline, semangat terus! :D

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

soal deadline juga sama. sering numpuk jelang tenggat. tapi beberapa kali nyelesain kerjaan beberapa hari sebelum deadline ... tyt nikmat luar biasa. lega dan nyaman menikmati waktu senggang :)

Munir Ardi said...

Saya juga sering menumpuk pekerjaan Mbak nanti mendekati deadline baru dikerja mati-matian

software freeware said...

kalo saya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui ^_^

tips aneh said...

kerja diambang deadline emang bener2 nikmat, gak tidur gak mandi gak makan, tepar deh ujung2 nya ^_^

Abed Saragih said...

Sebuah tugas yang terpaksa dipercepat walaupun orang-orangnya sebagian tidak ada ditempat.Salut lihat kerja kerasnya.

software freeware said...

halo sob saya kembali lagi. ^_^