Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Friday, February 19, 2010

Ke-28 : Ilmu Kopi

Jum'at, 19 Februari 2010

Hmmm.. pagi ini aku teringat waktu Pelatihan Dasar dulu, Teringat dengan Pak Inu, kemana ya??? woww barusan BKM kepala Siring Yunda Masda telepon masalah pencairan, huh.. ada-ada saja ulah mayarakat ini.

Kita balik lagi ke yang tadi yaa...

Dulu aku teringat sekali materi yang disampaikan pak inu tentang "ilmu Kopi". eitttss... bukan kita mau berkebun kopi atau yang lainnya ya, tapi ilmu kopi ini hanya kiasan.. hehehe

Dalam menjadi seorang fasilitator, ada 3 kemungkinan yang akan terjadi pada seorang fasilitator ketika melakukan pendampingan di masyarakat:

  1. Menjadi wortel, di ibaratkan masyarakat itu adalah air yang direbus, bila wortel masuk ke air yang direbus otomatis semakin lama, wortel akan semakin lembut.
  2. Menjadi telur, bila telur direbus, dari yang tadinya cair/lembut akan menjadi keras
  3. Menjadi kopi, bila kopi masuk ke air rebusan, maka kopi itu akan larut, tanpa meninggalkan rasanya dan menorehkan warna.

So.... dalam menjadi fasilitator, kita diharapkan bisa melebur bersama masyarakat dan menorehkan warna dan rasa disana, hmmmm.... sudahkah aku seperti itu?


No comments: