Aku tidak menyuruh kalian menciptakan dunia yang lebih baik, karena kurasa kemajuan bukanlah sesuatu yang harus dicapai. Aku hanya menyuruh kalian hidup di dalamnya. Tidak sekedar bertahan, tidak sekedar mengalaminya, tidak sekedar melewatinya begitu saja, tetapi hidup di dalamnya. Memperhatikannya. Mencoba mengambil maknanya. Hidup dengan nekat. Mengambil peluang. Membuat karya sendiri dan bangga terhadapnya... (Joan Didion - 1975)

Wednesday, July 20, 2011

Bicara Tidak Melihat, Melihat Tidak Bicara

 
Aku menemukan gambar di atas dari deretan gambar di google image. Lekat aku memandang gambar ini, melihat pola dan tingkah laku serta adanya segores tulisan di sisi atas gambar yang memberikan makna..

Sungguh, aku tidak ada niat untuk mengomentari gambar ini, tapi hati ku tertohok sampai ke sanubari yang paling dalam. Yup, aku teringat akan Indonesia, Negara ku yang paling aku cintai.

Sejenak aku diam, tersenyum sendiri dikala ingat bahwa Negara ku Indonesia termasuk peringkat lima belas besar pengakses internet terbanyak. Bahkan konon di Asia, Indonesia merupakan peringkat ke lima, dimana peringkat pertama diduduki oleh China dengan 298 juta pengakses internet.

Oh ya,, aku juga ada kabar gembira, dilihat dari data kemendagri ( Kementerian Dalam Negeri) ternyata Indonesia merupakan urutan ke tiga belas didunia dalam jumlah bandar udara terbanyak yaitu  498 buah.

Ayo kawan,,, lihatlah… Katanya Indonesia mempunyai cadangan minyak sebanyak 9,7 juta barrel dan cadangan gas alam sebanyak 146,7 triliun kaki kubik. Oleh karena itu Indonesia menjadi negara nomor 16 penghasil gas terbesar di dunia.  Dan juga lihatlah  dari Data direktorat jendral pendidikan tinggi (DIKTI), Indonesia memiliki 2.700an perguruan tinggi dengan 14.500 prodi dan 1,9 juta mahasiswa. Oleh sebab itu, Indonesia masuk dalam 9 besar negara dengan mahasiswa terbanyak. 

Dari contoh kecil ini sungguh masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dan kekayaan dari Negara ku Indonesia yang  merupakan Surga Dunia ini, dan sepertinya aku tidak akan mampu menuliskan semuanya disini.

aku menutup mata sejenak, membayangkan bagaimana keadaan Negara ku Indonesia sekarang. Memang aku bukan seorang Pejabat yang memiliki kewenangan untuk mengambil kebijakkan atas Negara ku Indonesia. Ya.. aku sama seperti kawan-kawan semua, hanya satu dari berjuta-juta masyarakat Indonesia. Satu dari berjuta-juta yang melihat dan merasakan ketika bernafas di Negara Indonesia ini. Satu dari berjuta-juta yang melihat dan merasakan akibat dari para tikus berdasi yang menggerogoti kekayaan Indonesia ini. Satu dari berjuta-juta yang melihat dan merasakan ketika Bangsa Indonesia yang dijajah oleh Bangsa sendiri yang ternyata konon lebih kejam dari Belanda ataupun Jepang.


Aah!!! Segera ku buka mata ku, aku tidak mau hanya menjadi Bangsa Indonesia yang bicara tidak melihat, dan yang melihat tidak bicara. Indonesia memang memiliki banyak masalah, tapi terbukti Indonesia juga mempunyai banyak potensi. Aku yakin Indonesia mampu bangkit dari keterpurukkan, bukankan tak ada gading yang tak retak? Dan tak ada penyakit yang tak ada obatnya?

Inilah aku, hidup di Negara ku Indonesia, Aku bicara karena aku melihat, dan sekarang karena aku melihat aku bicara, bahwa hanya Indonesia My Best Country, Bagaimana dengan mu kawan?

------------------------------------
Posting ini sengaja aku tulis untuk diikut sertakan dalam acara giveaway dengan tema "Saya Bangga Menjadi Bagian dari Indonesia", yang diselenggarakan oleh Sobat Ferdinand si empunya DJ Site.

28 comments:

R. Indra Kusuma Sejati said...

Semoga berhasil dalam kontestnya Mba. Sukses selalu.

Salam
Ejawantah's Blog

yayack said...

Ya, kita sbg gugusan muda elemen penting suatu bangsa sudah sepatutnya untuk membuktikan kpd dunia bahwa negara kita bisa, bisa bangkit, bisa maju dan bisa berprestasi... utnya untuk membuktikan kpd dunia bahwa negara kita bisa, bisa bangkit, bisa maju dan bisa berprestasi...

Wawank said...

Ini Indonesia.., tetap bangga menjadi Indonesia.!

Semoga menang kontasnya..,

DuniaPiyen said...

semoga berhasil dalam kontesnya..
memang seharusnya yang melihatlah yang bicara, kalo kita mau maju. ini malah yang duduk yang tidak melihat yang bicara sangat aneh...

Semnagt.. said...

Kelak Indonesia akn kmbali brjaya...

Herdoni Wahyono said...

Ilustrasi gambar yang amat menarik. 'Yang bicara tidak melihat dan yang melihat tidak bicara'. Banyak kejadian, peristiwa, dan cerita ada di depan mata kita. Banyak fakta dan 'tragedi' di dekat kita. Hendaknya kita bijak dalam meresponnya. Karena lidah tidak bertulang. Semua pada akhirnya kembali kepada kita. Bumi Indonesia tanah airku. Tanah tumpah darahku. Jayalah negeriku. Makmurlah negeriku. Pemimpinnya hendaklah adil dan mampu memegang amanat. Rakyat yang sejahtera itulah harapanku.

ceritaku said...

Indonesia selalu di hati..., meskipun saat ini masalah silih berganti menyapa, namun kita harus berjuang slalu.

Putri Baiti Hamzah said...

Inilah indonesia...Saya akan terus bangga dengan keindahan dan kehancuran yg ada padanya

Semoga menang yo yuk^^

Djangan Pakies said...

wah ketika menutup mata, terasa ada sesuatu yang salah di negeri ini. Saya setuju bahwa kita dijajah oleh bangsa sendiri,yang kesemuanya karena nafsu harta duniawi.
Saya hanya mencoba menutup kedua mata dan berdo'a semoga semua masalah yang menimpa negeri ini berganti menjadi sesuatui yang indah dan bermartabat

denBaGas said...

Salam

Duh, saya baru mampir lg nih kawan..
Oh, kawan DJ-Site lg buat kontes yach..
Ijin meluncur ke TKP..

Sukses tuk kontesnya..

Eel Pecidasase said...

Bangga Menjadi Orang Indonesia.... Kaya dengan Alam nya.. Meskipun Kekayaan alam tersebut hasil nya bukan untuk Rakyat melainkan yang menikmati adalah negara2 luar.. Pemerintah tidak peduli dengan kita, jadi kita hanya bisa melakukan yang terbaik utk negara kita

Bang Pendi said...

terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada di negara kita tercinta, kita memang harus bangga dan mencintainya...siapa lagi kalau bukan kita

Smoga sukses kontesnya...

Ferdinand said...

Ass, sista ayu, sebelumnya aku minta maaf dulu baru bisa kesini hhe.. jadi malu nih telat mulu wkwkwk...

Bagaimana denganmu kawan???

Seburuk apapun Indonesia, aku tetep bangga bisa lahir di negri ini, negri yg bahkan sangat disegani oleh negara lain, malah terakhir ku tau Bahasa Indonesia sudah dijadikan Bahasa ASEAN, jadi kenapa juga kita harus gak ikutan bangga? karena korupsi? itu kan penyakit disemua negara dan bukan hanya di Indonesia, karena ketamakan para pemimpinnya? itu pun menurutku gak lebih dari ujian hasrat untuk setiap pemimpin... So, klo masih banyak yg bisa kita kagumi dari Indonesia, kenapa kita harus memilih untuk terus mengungkit sedikit yg buruk itu?

makasih yach udah mau ikutan, aku udah masukkin daftar peserta kok

Ami said...

tidak bisa dipungkiri yah... kalo banyak kesewenag-wenangan di Indonesia. tapi masih betah kok jadi orang Indonesia

Zan Insurgent said...

aku datang sobat.... ^^

aku setuju dengan mu Ami... di negeri ini banyak orang yang melihat tapi mereka takut untuk bicara, banyak yg bicara tapi tidak melihat hanya ber imajinasi belaka... memangnya kita mau di dongengin mulu... :)

iffa hoet said...

Aku masih bangga dan ingin terus menjaga Ibu Pertiwi...

Kasih Ibu Pertiwi selalu mengalir meski air matanya berderai-derai.

se,oga menang kontesnya ya...^_^

Zan Insurgent said...

Assalamualaikum my best friend Ami...

selamat pagi menjelang siang... maaf kemaren ane ngga sempet ke rumah, sekarang pasti kacang ijo nya udah ngga ada ya...hiks.. hiks..

ya udah saya numpang nge teh aja pagi ini, bolehkan, kebetulan stok gula lagi habis ^_^

ngomong2 Ami udah pernah nyobain Sup Kacang Merah... ^^

Arief Bayoe Sapoetra said...

Assalamualikum mbak maaf baru bisa kesini....hehehehe memang negara ini sangat kaya & membanggakan yah semoga aja doa2 yang baik dari sahabat semua mampu merubah ke depan bangsa ini semakin membanggakan di tanah air maupun luar negri, semoga sukses mbak

d3no said...

jangan marah2 gitu donk, biasa aja

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

Menulis tidak berkomentar, berkomentar tidak menulis..
Sumpah bingung sendiri gue B)
SAMAAA GUE JUGA BANGGA SAMA INDONESIA, orang-orang tiduran bukan di kasur lagi tapi di jalanan kereta, gue sangat terharu dan bangga..

Said Arsyad said...

wah, blognya makin sukses aja nih. salut.
salam kenal ya.

wah, blognya makin sukses aja nih. salut.
salam kenal ya.

moch irfan said...

kerenn blog nyah :))
kunjungi & follow blog gue yah.
tar gue follback deh


irfanivan

kang nur said...

Indonesia, bangkitlah negeriku.

José Bonifácio do A. Sobrinho said...

Hi, I saw your coment on my blog at one year ago.
I'm sorry for the missing.
My blog is in portuguese, and talks about Human resourses, work relationship and work psycholgy.
www.gestaoepot.blogspot.com
Unfortunelly i don't understant your text too.
Are You from the area?
We can talk about the market differences of our contries.
where are you from?
Hugs!

Zan Insurgent said...

mampir sebelum makan siang di tempat Sista Ami, ikut yuk.... ^^

Ferdinand said...

Met pagiii.... :)

Knock... knock... knock.... ada orang di sawah??? *banyak tuh lagi pada macul hhe...

Hem... ternyata Drakula penghisap semangatnya belum bisa dikalahin yach Sista? hhe... perlu aku kirim Zombie pembangkit semangat gak? wkwkkw...

Semangat yach :) Met aktivitas :)

Cikal ananda said...

Sukses ya,,.

dhymalk said...

Indonesia memang negara kaya.
kaya alam, kaya bahan baku sekaligus kaya dgn koruptor, makanya gak maju2